Kendari (Antara News) - Ketua KPU Kota Kendari, Hayani Imbu, menilai kepedulian warga dalam mencermati pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilu Legislatif 2014 masih kurang karena hingga batas akhir pemberian tanggapan terhadap pengumuman DPS, hanya sedikit warga yang memberikan masukan.

"Padahal KPU sangat berharap warga lebih proaktif untuk melakukan koreksi terhadap DPS yang telah diumumkan. Selain mengumumkan DPS di setiap kantor kelurahan, KPU juga melalui PPK telah membagikan "soft copy" kepada Parpol dan Panitia Pengawas Kecamatan (panwascam). "Yang paling proaktif memberikan masukan adalah Panwaslu Kendari, sehingga kami merasa terbantu dalam melakukan perbaikan DPS," katanya. 

Semua rekomendasi dari Panwaslu Kendari, lanjut Hayani Imbu, sudah ditindaklanjuti oleh PPK dan PPS guna penyempurnaan DPS menuju DPS hasil perbaikan. Penyempurnaan daftar pemilih menjadi daftar pemilih tetap merupakan tanggung jawab semua pihak sehingga dibutuhkan masukan atau tanggapan semua elemen masyarakat.

Pada 16 Agustus 2013 katanya, akan ditetapkan daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP), kemudian dilanjutkan dengan pengumuman sekaligus menerima masukan dan tanggapan masyarakat atas penetapan DPSHP tersebut. Pada masa tanggapan perbaikan daftar pemilih yang kedua tersebut diharapkan partisipasi aktif masyarakat untuk mengkroscek kembali pengumuman DPSHP agar memastikan nama terdaftar atau tidak," katanya.

Pewarta : Oleh: Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024