Kendari, (Antara News) - Wali Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun, Jumat, melantik Alamsyah Lotunani menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari menggantikan Amarullah yang akan memasuki batas usia pensiun.

"Pelantikan hari ini merupakan hal yang biasa dalam dinamika birokrasi, hal ini dilakukan guna adanya penyegaran dan peningkatan kinerja serta pelayanan terhadap masyarakat," kata Asrun.

Ia mengatakan, pelantikan tersebut berdasarkan surat keputusan (SK) Gubernur Sultra Nomor : 222 Tahun 2013 tanggal 8 Mei 2013.

Menurut Asrun, sekretaris daerah mempunyai tugas dan kewajiban membantu wali kota dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemerintahan, administrasi, organisasi dan tata laksana, memberikan pelayanan administrasi serta menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah.

"Tugas ini amat berat, apalagi saudara sebagai pejabat karir tertinggi di lingkungan Pemerintah Kota Kendari, namun saya yakin saudara mampu melaksanakanya dengan selalu berprinsip untuk bekerja keras, cerdas, tuntas dan dilandasi dengan keikhlasan," katanya.

Pemerintah Kota Kendari kata Asrun, ibarat sebuah kapal yang semua harus berfungsi dengan baik, artinya semua pimpinan SKPD, dari Sekda, Badan, Dinas, Kantor, Camat sampai lurah haruslah maksimal dalam bekerja.

"Karena itulah dibutuhkan sinergi dan persamaan persepsi guna mewujudkan semua cita-cita dan keinginan yang tertuang dalam visi dan misi Kota Kendari sehingga kesemuanya itu dapat terwujud dengan baik," ujarnya.

Pemerintah katanya, tidak menutup mata terhadap adanya reformasi birokrasi dalam upaya mencapai good governance yang akuntabel dan transparan.

Oleh karena itu lanjut Asrun, untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan sebuah niat dan tekad yang baik disertai dengan komitmen guna melaksanakannya, sehingga nantinya akan tercipta suatu harmonisasi yang baik, disiplin dalam bekerja, berperan aktif dalam mendukung kebijakan pemerintah dan selalu menjadi contoh yang baik kepada masyarakat.

Asrun mengaku menaruh harapan besar kepada Sekda baru tersebut, terutama sumbangan pemikiran dalam upaya membangun Kota Kendari dengan cara mengembangkan kreatifitas dan ivonasi dalam bekerja.

"Saya juga meminta Sekda baru agar bisa meningkatkan kedisplinan para pegawai yang disertai dengan peningkatan pelayanan yang baik kepada masyarakat dan dilakukan pembinaan pegawai sesuai dengan aturan yang berlaku dalam hal ini berikan sanksi kepada yang melanggar dan berikan penghargaan yang berprestasi," katanya.

Pelantikan yang dilaksanakan di Aula Bertakwa Kendari tersebut, dihadiri Unsur Muspida dan seluruh SKPD lingkup Kota Kendari.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024