Kolaka (ANTARA News) - Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menambah sebanyak 24 bak kontainer untuk mengatasi masalah sampah di kota kabupaten tersebut.

"Masalah sampah di Kolaka saat ini sangat memprihatinkan akibat makin bertambahnya jumlah penduduk dan kemajuan teknologi dewasa ini," kata Kepala BLHK Kolaka, Anwar Sanusi.

Ia mengatakan, tahun 2012 akan menambah bak kontainer sampah itu untuk ditempatkan pada beberapa titik tempat pembuangan sampah (TPS) yang selama ini telah dianggap rawan.

Untuk itu, kata dia, pihaknya saat ini sedang merinci kebutuhan anggaran untuk pengadaan bak kontainer sampah itu.

"Karena anggaran kita minim, sementara harga satu bak Kontainer berkisar
Rp45 juta, sehingga kami akan merinci lebih jelas, kalau memang tidak bisa mencukupi, maka akan dilakukan secara bertahap," ujar Anwar.

Menurut dia, pengadaan bak kontainer sampah itu sangat penting untuk dapat merubah kondisi sampah yang ada di Kolaka saat ini dan bisa menjadikan masyarakat menjadi taat akan membuang sampah pada tempatnya.

"Kami juga menghimbau masyarakat agar sadar dalam membuang sampah dan tidak dilakukan disembarang tempat," ujarnya. (Ant).

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024