Kolaka (ANTARA News) - Pedagang musiman yang muncul saat memasuki bulan Ramadhan 1433 Hijriah memperoleh berkah dengan menjajakan aneka kue untuk berbuka puasa.

"Selama Ramadhan ini, pendapatan dari jualan panganan jajanan lumayan antara seratus ribu rupiah sampai tiga ratus ribu rupiah per hari," kata Hasniah, pedagang makanan musiman di Pasar Raya Mekongga Kolaka, Senin.

Menurut ibu tiga anak itu, ia berjualan dari pagi hingga sore hari atau menjelang berbuka puasa, barang dagangan kuenya dengan harga sekitar Rp1.000 per potong, setiap hari laku terjual bahkan selalu habis.

"Saya berjualan hanya setiap bulan puasa saja karena di bulan ini jajanan kue dan es buah sangat diminati," ujarnya.

Hal senada dikatakan Darsih, salah seorang pedagang kue lainnya juga memperoleh penghasilan dari berjualan kue selama bulan puasa ini lebih besar dari hari-hari biasa.

Menurut dia, bulan puasa ini menjadi berkah bagi dia dan keluarganya karena penghasilan dari menjual kue dan es buah sangat meningkat.

"Setiap hari selama Ramadhan kue yang kami jual selalu habis, sehingga saya bersyukur bulan ini merupakan berkah dari Allah SWT," katanya.

Menurut dia, hasil dagangannya yang diperoleh selama bulan puasa  berkisar Rp400 - Rp500 ribu per hari, sementara penghasilan sebelum memasuki bulan puasa hanya berkisar Rp200 ribu per hari.

Pantauan di sejumlah sudut Kota Kolaka tampak banyak terdapat penjual panganan musiman yang berusaha mengais rezeki di bulan Ramadhan ini, begitu juga dengan pedagang es buah dan kelapa muda banyak bermunculan. (ANT).

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024