Kolaka (ANTARA News) - Ketua umum DPP Partai Hanura, Wiranto bersama jajaran pengurus pusat menghadiri deklarasi pencalonan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) periode 2013-2018, Buhari Matta (BM) dipusatkan di Gedung Olahraga KONI.

Dalam deklarasi itu selain Wiranto, juga hadir mantan Kapolri, Dr. Chaeruddin Ismail, anggota DPR RI, Akbar Faisal, Syarifuddin Sidding, serta ratusan simpatisan Partai Hanura se Sultra.

Ketua DPD Partai Hanura Sultra, Sabri Manomang dalam sambutannya mengatakan, alasan partai Hanura memilih BM di antara calon lainnya karena
selain bakal calon gubernur Sulta itu memiliki hubungan harmonis dengan partai Hanura, juga karena kepempinannya sebagai bupati Kolaka selama dua periode ini dinilai berhasil.

"Kepemimpinan BM selama ini telah sukses membangun Kolaka antara lain dengan program 'bedah kecamatan' telah membawa keluar dari daerah tertinggal, di samping itu banyak prestasi lain yang telah diraih seperti piala adipura, ketahanan pangan dan prestasi lainnya," ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat khusunya kader dan simpatisan Partai Hanura 'wajib' memenangkan BM pada pertarungan kandidat gubernur Sultra yang akan digelar tahun ini.
    Menurut dia, sejak tahun pertama pemimpin Kolaka, BM telah memperlihatkan perubahan yang sangat besar terhadap daerah ini dengan membuat terobosan beberapa program yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat sesuai hati nurani rakyat.

" Beliau (BM-red) bekerja dengan berlandaskan hati nurani dalam membangun daerah dan masyarakatnya, sehingga wajar kalau kita mendukung orang yang mempunyai hati nurani seperti ini," ujarnya yang disambut tepuk tangan pada kader dan simpatisan Partai Hanura dan pendukung BM.

Sementara itu, bakal calon gubernur yang Bupati Kolaka, Buhari Matta dalam sambutannya menjelaskan, selama memimpin Kolaka pemerintahnya telah terwujud kekompakan dan hati nurani, sehingga semua sama-sama bangkit membangun daerah ini dalam meraih berbagai keberhasilan.

"Hal inilah yang kemudian mendorong 180 tokoh se-Sultra berkumpul dan meminta kepada saya untuk maju menjadi calon gubernur Sultra periode mendatang," katanya.

Buhari juga menyampaikan rasa syukur karena sesuai hasil rapat DPP Partai Hanura memilih dirinya sebagai calon gubernur yang diusung oleh oleh partai tersebut.

"Partai Hanura senantiasa menempatkan politik bukan sekedar di kepala tapi dari hati nurani, dan Partai Hanura merupakan partai pertama yang mengusung saya sebagai calon gubernur Sultra, selain PPP," ujar Ketua DPW PPP Sultra ini.

Sementara ketua umum DPP Partai Hanura, Wiranto dalam orasi politiknya meminta kepada seluruh kader dan simpatisan partai agar mendukung dan memenangkan Buhari Matta sebagai gubernur sultra periode mendatang.

"Kalau Partai Hanura sangat mendukung figur Buhari Matta untuk maju dalam pertarungan merebut gubernur sultra mendatang karena selama dua periode memimpin Kolaka Buhari telah mampu mengangkat nama Kolaka terlepas dari salah satu kabupaten tertinggal," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut mantan Panglima TNI ini, tinggal bagaimana konsolidasi partai kepada masyarakat luas untuk mendapatkan dukungan karena dukungan masyarakat sangat berarti kepada Calon yang diusung oleh partai tersebut.

"Saya tegaskan kepada seluruh pengurus Partai Hanura di semua tingkatan untuk bekerja ekstra keras untuk memenangkan Buhari Matta sebagai gubernur Sultra mendatang." ujar Wiranto. (ANT).


Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024