Kendari (ANTARA News) -  Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Kendari menggelar "Pekan Kreatif Semarak Bumi Anoa 2012" yang dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Tina Nur Alam, di Kendari, Rabu.

Tina Nur Alam yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sultra mengatakan, kegiatan ini sejalan dengan misi yang diemban Dekranasda Provinsi Sultra.

"Kegiatan ini sejalan dengan misi Dekranasda Sultra dalam upaya meningkatkan produk kerajinan daerah ini seperti hasil tenun, kerajinan tangan, kuliner, termasuk seni dan budaya, sehingga diharapkan dapat diminati dan dinikmati masyarakat luas hingga mancanegara," ujarnya.

Tina menyampaikan, Dekranasda Sultra juga telah bekerja sama dengan Pusat Tenun Indonesia untuk memberikan pelatihan kepada pengrajin guna meningkatkan kuantitas dan kualitas tenun Sultra dalam upaya mewujudkan pengembangan ekonomi daerah ini.

"Alhamdulillah upaya tersebut membuahkan hasil yang dibuktikan dengan  hasil tenunan Sultra saat ini dapat merambah pasar mancanegara seperti Paris, Dubai dan Mumbay," ujarnya.

Tina juga menilai kegiatan pekan kreatif semarak bumi Anoa 2012 ini dapat memberi nilai tambah, oleh karena itu kegiatan seperti ini diharapkan dapat dilakukan oleh instansi lain dan swasta karena sangat bermanfaat besar dalam membangun karakter bangsa.

Sementara itu, Pelaksana tugas Kepala LPP RRI Kendari, Zakaria Sidik mengatakan, penyelenggaraan Pekan Kreatif Semarak Bumi Anoa ini merupakan program nasional LPP RRI yang tahun 2012 dilaksanakan di delapan daerah, yakni Kendari, Cirebon, Tarakan, Ranai, Tual, Merauke, Lhokseumawe dan Surabaya.

Tujuan LPP RRI menyelenggarakan pekan kreatif ini untuk mendukung dan menggairahkan industri kreatif di Tanah Air dengan berbasis kegiatan seni dan budaya," ujarnya, seraya menambahkan, kegiatan ini juga membantu, menggali dan menggairahkan minat publik dalam mengembangkan budaya dan industri kreatif di Indonesia dan khususnya di Sultra.

Pekan Kreatif Semarak Bumi Anoa yang digelar di Pelataran LPP RRI Kendari selama 9-13 Mei 2012 ini, seyogyanya akan mengadakan tiga lomba yang akan diikutkan pada tingkat nasional yakni, lomba kreasi tari, seni kerajinan, dan cipta lagu,. Namun yang mendaftar hingg saat ini baru lomba kreasi tari.

Selain itu, LPP Kendari juga menyelenggarakan kegiatan tambahan lain selama empat hari mendatang antara lain lomba kreatif anak, pagelaran budaya, pameran produk dari instansi dan wasta, pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis, serta pelayanan SIM keliling secara gratis. (ANT).

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024