Kolaka (ANTARA News) - Bupati Kolaka, Buhari Matta memberikan penghargaan kepada seluruh kepala Puskesmas yang telah sukses dalam meningkatkan pelayanan pengobatan gratis kepada masyarakat dengan menggunakan program jaminan kesehatan daerah (Jamkesda).

"Penghargaan ini diberikan kepada kepala puskesmas atas apresiasi terhadap kinerja Puskesmas dalam melayani masyarakat yang menggunakan jamkesda." kata Bupati Kolaka, Buhari Matta.

Menurut Ketua DPW PPP Sultra itu dari hasil upaya yang dilakukan oleh seluruh kepala Puskesmas dalam menyukseskan Jamkesda serta perhatian puskesmas kepada masyarakat tidak mampu ekonominya, dengan melakukan pengobatan gratis.

"Semoga penghargaan ini bisa meningkatkan kinerja setiap puskesmas dalam
melayani masyarakat yang membutuhkan." ujarnya.

Kepala Puskesmas Kecamatan Wolo yang mendapatkan piagam penghargaan, Haerun SKM yang didampingi Totalys Djarwanto mengatakan, penghargaan yang diberikan itu merupakan salah satu bentuk apresiasi dari bupati karena sudah meningkatkan pelayan kesehatan kepada masyarakat.

"Dengan adanya Jamkesda masyarakat dapat memperoleh pengobatan tanpa harus mengeluarkan uang dan masyarakat Kolaka sudah mulai menyadari akan pentingnya kesehatan," katanya.

Sebelumnya, menurut Haerun, masyarakat masih ragu untuk memeriksakan
diri untuk memperoleh pengobatan karena khawatir akan biaya yang cukup
mahal, tetapi sekarang adanya jamkesda hampir setiap hari puskesmas dipenuhi oleh warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan gratis.

"Dengan diberikannya penghargaan, maka puskesmas akan lebih meningkatkan
pelayanan kepada masyarakat dalam memberikan pengobatan," ujarnya.

Namun ia juga berharap pemerintah memperhatikan sarana dan prasarana puskesmas yang memadai karena dengan meningkatnya jumlah pasien saat ini otomatis kebutuhan sarana juga  meningkat, sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat bisa berjalan maksimal. (Ant).

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024