Kendari (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara  telah merampungkan penyaluran pupuk secara gratis kepada petani di daerah itu.

Kepala Dinas Pertanian Sultra, Mansyur, di Kendari, Kamis mengatakan, pupuk gratis yang telah disalurkan secara keseluruhan kepada petani tersebut berjumlah 1.147,2 ton.

"Pupuk gratis yang disalurkan tersebut terdiri dari pupuk organik sebanyak 573,6 ton dan pupuk jenis NPK sebanyak 573,6 ton," katanya.

Ia mengatakan, pupuk yang disalurkan tersebut untuk lahan pertanian seluas 3.824 hektare yang terdapat di tiga kabupaten di Sultra.

"Ke-3 kabupaten tersebut adalah Kabupaten Kolaka seluas 1.324 hektare, Kabupaten Konawe Selatan seluas 1.500 hektare dan Kabupaten Konawe seluas 1.000 hektare. Semua pupuk tersebut sudah tersalur kepada petani penerima manfaat tahun 2011," ujarnya.

Mansyur berharap, penyaluran pupuk secara gratis tersebut dapat dimanfaatkan oleh petani daerah itu dalam rangka meningkatkan produksi hasil pertanian.

Ia menjelaskan, ke-3 daerah yang mendapatkan penyaluran pupuk secara gratis tersebut adalah daerah produksi terbesar beras di Sultra.

Menurutnya, pupuk yang diberikan tersebut dengan estimasi pemupukan setiap hektare lahan diberi 150 kilogram pupuk organik dan 150 kilogram pupuk NPK.

Ia menjelaskan, pemberian bantuan pupuk secara gratis tersebut dengan harapan produktivitas padi di daerah itu bisa lebih meningkat sehingga akan mendongkrak produksi beras Sultra secara umum per tahun.

"Tahun depan kita menargetkan produksi padi kita mencapai 520 ribu ton, meningkat 10 persen dari target produksi padi tahun ini," pungkasnya.(Ant).

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024