Mamuju, Sulbar (ANTARA News)- Dinas Perhubungan Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat mengimbau perusahaan otobus menambah jumlah armadanya dalam rangka mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik Lebaran (Idul Fitri) 1432 Hijriah.

"Kami imbau kepada perusahaan otobus (PO) yang beroperasi di Mamuju dapat menambah jumlah armadanya dalam rangka mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang arus mudik Lebaran 2011," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mamuju, Syarifuddin Husain, di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan, sejumlah PO yang beroperasi di terminal Mamuju melayani angkutan Mamuju-Makassar Provinsi Sulawesi Selatan mengaku siap menindaklanjuti imbauannya untuk segera menambah armada.

Menurut dia, PO Piposs telah bersedia menambah armada busnya, sekitar empat unit.

Begitu juga dengan PO Bintang Prima juga bersedia menambah armadanya satu unit, termasuk dengan sejumlah PO bus lainnya yang ada di Mamuju.

"Penambahan armada PO bus di Mamuju akan dilakukan pada tanggal 23 Agustus 2011 atau sepekan menjelang Idul Fitri 1432 Hijriah," katanya.

Ia berharap, dengan penambahan armada bus Mamuju dapat mengatasi lonjakan penumpang arus mudik yang diperkirakan akan terjadi sepekan menjelang Idul Fitri 1432 Hijriah.

"Peningkatan penumpang mudik Lebaran kita diprediksi mencapai lima persen tahun 2011 ini dibandingkan tahun lalu (2010) yang jumlahnya mencapai 7000 orang, diharapkan dapat terantisipasi dengan adanya penambahan bus," katanya.

Ia meminta pemudik di Mamuju yang menggunakan angkutan darat khususnya yang akan menuju Kota Makassar tidak perlu khawatir akan terlantar.

"Karena pemerintah daerah di Sulbar telah bersiap melakukan antisipasi dengan penambahan armada bus itu," katanya.

Pewarta : ANTARA
Editor :
Copyright © ANTARA 2024