Porprov 2018, Cabang Gulat Hadirkan Wasit Nasional

id gulat

ilustrasi (foto Antara)


Kendari, Antara Sultra - Pengurus Provinsi Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Sulawesi Tenggara menghadirkan wasit nasional untuk memimpin pertandingan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII di Kabupaten Kolaka Utara.

Ketua Pengprov PGSI Sultra Muh Amir di Kendari, Minggu, mengatakan iven setingkat Porprov harus dipimpin wasit kualifikasi nasional yang sudah berpengalaman.

"PGSI Sultra belum memiliki wasit kualifikasi nasional sehingga harus mengundang wasit luar. Demi kelancaran dan sukses pertandingan harus mengeluarkan biaya tambahan," kata Amir.

Pada Porprov XIII, cabang gulat mempertandingkan 21 nomor untuk diperebutkan 12 kabupaten/kota.

"Berdasarkan verifikasi kepengurusan pada tingkat kabupaten/kota maka 5 daerah belum dapat mengirimkan atlet mengikuti pertandingan Porprov karena belum memiliki kepengurusan yang sah," katanya.

Ia mengharapkan daerah peserta agar tidak menurunkan pegulat luar Sultra karena Porprov merupakan ajang penjaringan atlet potensial menghadapi prakualifikasi PON XX.

Pengamat cabang olahraga gulat Fitriadi (41) menilai potensi atlet gulat di daerah ini cukup menjanjikan namun pembinaan yang tidak maksimal.

"Pemerintah daerah melalui KONI harus mendorong pembinaan olahraga gulat yang selama ini terkendala sarana dan pendanaan," kata Fitriadi.
Pewarta :
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar