Baubau (ANTARA) - Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara bersama PT Super Air Jet yang merupakan salah satu maskapai penerbangan menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) mengenai pengoperasian pesawat udara itu di Bandara Betoambari Baubau.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Baubau, Rabu, menyebutkan penandatanganan pengoperasian pesawat Super Air Jet Airbus A320-200 untuk rute Makassar-Baubau-Makassar sebanyak dua kali dalam sepekan itu oleh Penjabat Walikota Baubau Muh Rasman Manafi bersama Direktur Utama PT Super Air Jet Azhari HS, di Jakarta, (21/10)

Kerja sama tersebut berlaku untuk jangka waktu satu tahun terhitung sejak tanggal ditandatanganinya nota kesepakatan tersebut.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Betoambari (UPBU) Baubau, Anas La Bakara  menyampaikan optimisme segera beroperasinya pesawat berbadan lebar itu di Bandara Baubau.

"Insya Allah dalam waktu setelah proses administrasi diselesaikan, masyarakat bisa segera menikmati penerbangan berkualitas dengan tarif yang lebih murah tersebut," katanya.

Kesiapan menerima pendaratan pesawat Airbus A320 tersebut setelah pengerjaan perpanjangan landasan pacu sepanjang 2.050 meter dan meningkatkan kualitas terminal bandara termasuk ruang VIP.

Bandara Betoambari Baubau telah menyelesaikan perpanjangan landasan pacu sepanjang 2.050 meter dari sebelumnya sepanjang 1.800 meter.

"Untuk landasan kita sudah siap dan sudah bisa didarati pesawat A320, termasuk apron (landasan parkir pesawat) sudah dikerjakan untuk A320," ujar Kepala Subseksi Teknis Operasional Keamanan dan Pelayanan Darurat UPBU Betoambari Baubau, La Rano belum lama ini.

Selain itu, kata Rano, sarana prasarana penunjang lainnya seperti marka-marka termasuk tangga juga sudah dibuat.

"Pada prinsipnya cita-cita kita untuk menghadirkan Boeing untuk saat ini boleh dipastikan sudah 90 persen selesai dan boleh dipastikan bahwa A320 itu sudah bisa mendarat, hanya kita tinggal menunggu verifikasi safety keselamatan dari Direktorat Bandar Udara," katanya.

Pewarta : Yusran
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024