Kendari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari melibatkan lima pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari melakukan secara serentak pemasangan alat peraga kampanye (APK) Pilkada 2024.

Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Kendari Arwah, di Kendari, Senin, mengatakan tujuan pemasangan APK secara bersama-sama untuk memberikan pemahaman kepada para liaison officer (LO) masing-masing paslon mengenai cara pemasangan APK yang baik dan benar.

“Agar tidak mengganggu keindahan dan kebersihan kota sekaligus juga kita menumbuhkan kekompakan antarsesama pasangan calon,” kata Arwah.

Menurut dia, pihaknya selalu mengimbau kepada semua LO paslon agar senantiasa berkoordinasi dalam setiap pemasangan APK atau memasang secara bersama-sama agar tidak ada ketegangan di antara mereka yang sedang berkontestasi.

“Jadi karena ini pesta demokrasi, selayaknya pesta harus kita nikmati secara riang gembira tanpa permusuhan, pertikaian hingga konflik-konflik sosial,” katanya.

Arwah menjelaskan lokasi pemasangan APK yang ditentukan KPU sebanyak 160 titik, tersebar di seluruh Kota Kendari yakni di 11 kecamatan dan 65 Kelurahan.

“Jadi pada titik yang telah ditentukan KPU diharapkan ada APK dari masing-masing paslon terpasang dan nantinya LO para paslon tinggal bersepakat sekiranya akan memasang dititik yang mana saja,” katanya.

Ia menambahkan dari KPU Kota Kendari memfasilitasi APK bagi masing-masing paslon sebanyak tiga jenis yakni baliho, spanduk, dan umbul-umbul.

“Untuk baliho kami menyiapkan lima APK setiap paslon, spanduk dua APK untuk setiap kelurahan, kemudian untuk umbul-umbul sebanyak 20 untuk setiap kecamatan,” ujarnya.
 

Pewarta : Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024