Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) menyiapkan masing-masing satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) di setiap kecamatan untuk mengantisipasi insiden kebakaran di wilayah Bumi Patawonua.

Penjabat (Pj) Bupati Kolut Yusmin saat dihubungi di Kendari, Kamis, mengatakan bahwa penyediaan mobil damkar tersebut dalam rangka untuk meningkatkan keselamatan dan perlindungan kepada masyarakat.

"Langkah ini diambil sebagai respons terhadap meningkatnya insiden kebakaran dan kebutuhan mendesak akan infrastruktur pemadam yang memadai," kata Yusmin.

Dia menyebutkan bahwa program ini merupakan prioritas utama untuk menjamin keselamatan masyarakat.

“Kita tidak bisa membiarkan masyarakat hidup dalam ketakutan akan kebakaran,” ujarnya.

Yusmin mengungkapkan bahwa program itu dilakukan atas insiden tragis yang terjadi di Kecamatan Porehu, di mana seorang warga menjadi korban meninggal dunia akibat kebakaran dan disebabkan oleh kurangnya akses terhadap mobil pemadam kebakaran.

“Kejadian ini adalah pengingat bagi kita semua tentang pentingnya infrastruktur dasar untuk melindungi warga. Kebakaran yang terjadi adalah akibat kelalaian pemerintah yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, termasuk penyediaan fasilitas pemadam kebakaran,” sebut Yusmin.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam dua pekan menjabat, dirinya telah mendapatkan info tiga kali insiden kebakaran, yang semuanya menunjukkan bahwa tanpa infrastruktur yang memadai, keselamatan masyarakat terancam.

“Kita harus memastikan bahwa setiap kecamatan memiliki sarana pemadam kebakaran yang memadai untuk mencegah kejadian serupa di masa depan,” ucapnya.

Selain mobil damkar, Yusmin juga menyampaikan bahwa pihaknya akan memberikan pelatihan kepada petugas pemadam kebakaran di setiap kecamatan agar dapat beroperasi dengan efektif dalam menangani kebakaran.

“Kami akan bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran untuk memberikan pelatihan dan peningkatan kapasitas kepada petugas, agar mereka siap menghadapi berbagai situasi darurat,” jelas Yusmin.

Dengan program ini, diharapkan jumlah kebakaran dapat berkurang dan respon terhadap insiden kebakaran dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Pemda Kolaka Utara berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan dan infrastruktur yang diperlukan untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraan masyarakat.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024