Kendari (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto mengunjungi Markas Komando Kepolisian Daerah (Polda) Sultra untuk memastikan kesiapan kepolisian dalam pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto di Kendari, Rabu, mengatakan kunjungan tersebut dilakukan untuk berkoordinasi dengan pihak Polda Sultra terkait langkah-langkah preventif serta pembinaan, terlebih pada masa kampanye saat ini.

"Terlebih saat ini sudah memasuki masa kampanye, 62 pasangan calon kepala daerah di 17 kabupaten/kota di Sultra serta pendistribusian logistik pilkada di seluruh daerah," kata Andap.

Dia menyebutkan koordinasi yang dilakukan itu untuk memastikan langkah-langkah apa saja yang telah diambil oleh Polda Sultra dalam pengamanan pilkada, baik langkah preventif, pembinaan, serta sosialisasi, maupun langkah-langkah lain melalui Operasi Mantap Praja Anoa 2024.

"Kita koordinasi, mengintensifikasikan kesiapan kita bagaimana nanti di lapangan termasuk mempertimbangkan berbagai potensi kerawanan lainnya termasuk anomali musim pada saat distribusi logistik," ujarnya.

Andapjuga berharap terjalinnya kerja sama dari berbagai pihak untuk bersama-sama menyukseskan pesta demokrasi yang akan digelar pada 27 November 2024.

"Kami harapkan kerja sama dari para pihak terkait, baik penyelenggara, pengawas, pengaman termasuk juga seluruh komponen masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, sinergi yang baik dari seluruh pihak, baik penyelenggara maupun aparat pengamanan dapat menciptakan penyelenggaraan pilkada di Sultra berjalan dengan aman, lancar, serta kondusif di berbagai daerah.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolda Sultra Irjen Pol Dwi Iriyanto mengatakan pihak Polda Sultra telah menyiapkan sebanyak 5.407 personel yang tersebar di 17 kabupaten/kota se-Sultra, untuk mengamankan tahapan Pilkada 2024.
 


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024