Kendari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menetapkan lima pasangan calon (paslon) untuk mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari tahun 2024.

"Tadi, kami telah melakukan rapat pleno tertutup dengan agenda penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari tahun 2024 dan ditetapkan sebanyak lima pasangan calon," kata Ketua KPU Kota Kendari Jumwal Saleh, di Kendari, Minggu.

Kelima pasangan calon tersebut, yaitu pasangan Siska Karina Imran dan Sudirman, pasangan Sitya Giona Nur Alam dan H. Subhan, pasangan Aksan Jaya Putra dan Andi Sulolipu, pasangan Yudhi Mahardika dan Nirna Lachmuddin, serta pasangan Abdul Razak dan Afdhal.

Ia menjelaskan sesuai jadwal yang telah ditetapkan KPU berdasarkan Peraturan (KPU) Nomor 2 tahun 2024 penetapan dilaksanakan 22 September 2024. Selanjutnya akan dilaksanakan proses pencabutan nomor urut pada 23 September 2024 di halaman KPU Kota Kendari.

"Selanjutnya kita akan memasuki tahapan dan pengundian nomor urut yang akan dilaksanakan besok malam di halaman KPU Kota Kendari," ujarnya.

Kemudian, untuk proses tahapan selanjutnya, kata dia, akan dilaksanakan pencabutan nomor urut dan telah disampaikan kepada Liaison Officer (LO) masing-masing paslon untuk menghadiri kegiatan itu.

Selain itu, kata dia, KPU juga telah menyampaikan kepada LO bahwa mengingat tempat. Yang masuk pertama maksimal 30 orang dan menggunakan Id Card yang terdiri dari partai pengusung, keluarga, serta tim pendukung.

"Jadi, masing-masing paslon sebanyak 30 orang dan harus menggunakan Id Card dan yang tidak menggunakan Id Card itu tentu tidak diperkenankan masuk," ucap Jumwal.

Sementara berkaitan dengan tim pendukung yang hadir di tempat halaman, kata dia, nanti dibahas bersama LO

"Kita akan batasi apakah paling banyak hanya 30-50 orang, nanti di dalam rapat kita akan sepakati dengan mendengarkan pertimbangan pihak kepolisian dan TNI dalam rangka kondusivitas pelaksanaan pengundian itu," jelasnya.

Diketahui, KPU Kota Kendari selanjutnya akan melaksanakan tahapan pelaksanaan kegiatan deklarasi kampanye damai yaitu pada 24 September 2024 pagi di lapangan Benu-benua Kota Kendari

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024