Kendari (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kendari dan Pelindo Kendari melaksanakan kegiatan diskusi bersama pedagang asongan di Pelabuhan Nusantara Kendari.

Kepala KSOP Kelas II Kendari Capt. Raman saat ditemui di Kendari, Minggu, mengatakan bahwa pertemuan tersebut merupakan langkah untuk persiapan menyambut Natal dan Tahun Baru 2025.

"Jadi, harus kita siapkan dari segi kapal dan pelabuhannya, termasuk pedagang di pelabuhan," kata Capt. Raman.

Dia menyebutkan bahwa dalam rangka persiapan tersebut, pihaknya bersama dengan Pelindo mensosialisasikan beberapa perubahan teknis di Pelabuhan.

"Kami minta pertimbangan dulu dengan seluruh unsur di pelabuhan ini supaya nanti semua perubahan itu dalam kondisi berjalan dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Sementara itu, General Manager Pelindo Kendari Heryanto mengungkapkan bahwa pihaknya bersama KSOP Kendari itu menyapa pedagang dan warga di Pelabuhan Nusantara Kendari, supaya penataan pelabuhan tersebut dapat dilaksanakan dengan aman, nyaman, dan tertib.

"Dan sekaligus ini supaya kami menjalin keakraban di antara warga dan pedagang di pelabuhan ini," ungkap Heryanto.

Dia menyampaikan bahwa salah satu yang menjadi penataan di pelabuhan tersebut agar para penumpang yang hendak naik ke kapal berbenturan dengan para penumpang yang akan turun.

"Supaya tidak terjadi kemacetan. Jadi, nantinya penumpang yang naik itu juga akan melewati para pedagang asongan yang akan disiapkan di dalam pelabuhan," ucap Heryanto.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024