Kendari (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto, didampingi Rektor IAIN Kendari, Prof. Husain Insawan, mengadakan pertemuan dengan Sekjen Kemenag RI dalam percepatan transformasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menjadi Universitas Islam Negeri (UIN).

"Pertemuan ini bertujuan untuk membahas percepatan transformasi IAIN Kendari menjadi UIN," kata Pj Gubernur Sultra saat dihubungi melalui WhatsApp di Jakarta, Kamis.

Andap menyampaikan hal itu usai melakukan pertemuan dengan Sekjen Kemenag RI, Muhammad Ali Ramdhani dan Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Abu Rokhmad, di Kantor Sekjen Kemenag RI.

Dalam kesempatannya, Pj Gubernur Andap menyampaikan bahwa transformasi IAIN Kendari menjadi UIN merupakan langkah strategis yang dinantikan oleh masyarakat Sultra.

Transformasi ini penting tidak hanya untuk memenuhi persyaratan formal sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, tetapi juga sebagai bagian dari upaya memperluas akses dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi keagamaan Islam di Sultra.

"Transformasi ini adalah salah satu wujud pemenuhan hak konstitusi masyarakat Sulawesi Tenggara di bidang pendidikan. Kami berharap proses ini dapat berjalan dengan cepat dan lancar, mengingat pentingnya UIN Kendari dalam mendukung peningkatan akses pendidikan Islam di daerah kami," ujar Andap.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024