Kendari (ANTARA) - KPU Sulawesi Tenggara menyebutkan empat bakal pasangan calon gubernur dan gubernur wakil gubernur Sultra menunggu hasil tes kesehatan dari KPU Sultra setelah mengikuti tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas yang hasilnya kemudian diserahkan ke lembaga tersebut.

Empat bakal pasangan calon tersebut yaitu Andi Sumangerukka dan Hugua, Lukman Abu Nawas dan Laode Ida, Tina Nur Alam dan Ihsan Taufik Ridwan, serta Ruksamin dan Sjafei Kahar.

Ketua KPU Sultra, Asril, di Kendari, Senin, mengatakan bahwa tes kesehatan ini merupakan rangkaian tahapan lanjutan pasca-pendaftaran bakal Paslon kepala daerah.

"Tes kesehatan KPU nomor: 1090 2024 terdapat 20 item diantaranya adalah tes kesehatan jasmani dan rohani, narkotika, psikotes dan lainnya," Katanya.

Kemudian, tahap selanjutnya adalah kami menunggu hasil pemeriksaan tes kesehatan dari pihak RSUD Bahteramas sesuai dengan keputusan KPU nomor 1090 2024, setelah itu baru di tanggal 22 September 2024 kita akan menetapkan pasangan calon tersebut.

Asril menuturkan bahwa tes kesehatan paslon ini tidak hanya dilakukan oleh tim medis dari RSUD Bahteramas, namun juga melibatkan Badan Narkotika Nasional Sultra.

Apabila dalam pemeriksaan tes kesehatan ada yang tidak lolos, kata Asril, bakal calon terkait bisa memperbaiki atau bahkan bisa mengganti calon tersebut selama masa perbaikan atau sebelum penetapan pasangan calon.

Proses tes kesehatan ini akan dipimpin oleh ketua tim medis dari dokter RSUD Bahteramas bersama dokter spesialis lainnya, menggunakan peralatan lengkap RSUD Bahteramas.

Selain bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, bakal paslon bupati dan bupati di 11 kabupaten Sultra juga menjalani pemeriksaan di RSUD Bahteramas tersebut.

"Diantara 11 kabupaten tersebut yaitu Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Kolaka Timur, Kolaka, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Utara, Muna, Muna Barat, Buton Utara, dan Wakatobi.

Diketahui, sesuai jadwal yang telah ditetapkan pemeriksaan kesehatan akan berlangsung dari tanggal 27 Agustus hingga 2 September 2024.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024