Kendari (ANTARA) - Sebanyak lima bakal pasangan calon (paslon) walikota dan wakil walikota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), akan melakukan pendaftaran di hari terakhir yakni 29 Agustus 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Jumwal Saleh, di Kendari, Kamis, mengatakan pihaknya telah menerima konfirmasi secara tertulis dari masing-masing bakal calon walikota dan wakil walikota tersebut, bahwa hari ini lima bakal paslon itu semuanya akan mendaftar di hari terakhir.

"Berdasarkan surat yang masuk pertama, bakal paslon Siska Karina Imran dan Sudirman diusung Partai Nasdem dan Gelora pada pukul 09.00 Wita, selanjutnya bakal paslon Sitya Giona Nur Alam dan Subhan diusung Partai PKS dan Demokrat pada pukul 11.00 Wita," katanya.

Kemudian, bakal paslon Aksan Jaya Putra dan Andi Sulolipu diusung Partai Golkar dan PPP pada pukul 14.00 Wita, selanjutnya bakal paslon Yudhi Mahardika dan Nirna Lachmuddin diusung Partai Gerindra, PDIP, dan PKB pada pukul 16.00 Wita, dan terakhir bakal paslon Abdul Razak dan Afdhal diusung Partai PAN dan Perindo pada pukul 20.00 Wita.

"Jadi, waktu tersebut sengaja kami atur untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada saat proses pendaftaran," katanya

KPU Kota Kendari, juga menegaskan bahwa agar para tim official lima partai tersebut untuk mempersiapkan berkas dan dokumen syarat dukungan dengan baik dan lengkap agar tidak memerlukan perbaikan.

Karena ini adalah hari terakhir, kata dia, ada potensi kerawanan, jangan sampai nanti berkas dokumennya ternyata dinyatakan tidak lengkap dan tidak benar, itu kita akan terbitkan pengembalian dan Waktu memperbaikinya hanya sampai pukul 23.59 Wita

"Jadi, jika sampai pukul 23.59 Wita berkas tidak diperbaiki maka berkas tersebut dinyatakan batal atau tiak diterima," ujarnya.

Selain itu, KPU Kota Kendari juga mengimbau untuk mencegah terjadinya bentrok antara massa pendukung atau simpatisan masing-masing paslon, KPU Kota Kendari meminta ke lima paslon tersebut dapat mengatur sebaik mungkin atau iring-iringan saat mengantar pasangan calon untuk mendaftar di KPU.*

Pewarta : Azis Senong/Andika
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024