Kendari (ANTARA) - Kantor wilayah (Kanwil) Direktorat Jendral Perbendaharaan (DJPb) Sulawesi Tenggara mencatat ada dua kabupaten di Bumi Anoa telah menyalurkan dana desa (DD) tahap dua 100 persen per 19 Agustus 2024.

Kepala Kanwil DJPb Sultra Syarwan saat ditemui di Kendari Selasa, mengatakan dua kabupaten tersebut, yakni Kabupaten Konawe Utara (Konut) dan Kabupaten Kolaka Timur (Koltim).

"Untuk total nilai penyaluran dana desa tahap dua untuk dua kabupaten tersebut, masing-masing Kabupaten Koltim dengan total salur sebanyak Rp89,97 miliar dengan jumlah desa sebanyak 117 desa, dan Kabupaten Konut total salur sebanyak Rp115,85 miliar dengan jumlah desa sebanyak 159 desa," kata Syarwan.

Ia menyebutkan untuk secara keseluruhan total penyaluran dana desa tahap dua di Provinsi Sultra tercatat mencapai Rp1,23 triliun atau 83,72 persen dari total pagu anggaran sebesar Rp1,47 triliun.

"Dan  total penyalurannya sudah sebanyak 1.282 desa dari total desa yang ada di Provinsi Sultra sebanyak 1.908 desa di Bumi Anoa yang telah menerima penyaluran dana desa tahap dua," ujarnya.

Syarwan juga mengungkapkan bahwa untuk penggunaan dana desa pada tahun 2024 ini akan diprioritaskan untuk mendanai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Ia mengimbau ke seluruh desa yang ada di Provinsi Sultra, yang belum menyalurkan dana desa desanya untuk segera melengkapi syarat salurnya agar bisa melakukan penyaluran dana desa untuk dapat digunakan dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa

“Jadi, kami imbau agar seluruh desa yang belum menyalurkan dana desanya segera melengkapi syaratnya,” tambah Syarwan.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024