Kendari (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan edukasi kepada mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari dalam upaya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2024.

Wakil Direktur Intelijen Keamanan (Wadir Intlekam) Polda Sultra AKBP Suharman Sanusi, di Kendari, Minggu, mengatakan kegiatan edukasi ini bertujuan untuk mensosialisasikan tentang peran mahasiswa dalam menciptakan kamtibmas di Bumi Anoa ini dalam menjelang pilkada serentak, yakni 27 November 2024..

Ia menuturkan peran mahasiswa dalam menghadapi pilkada 2024, di antaranya berpartisipasi dalam kegiatan edukasi dan sosialisasi dengan memberikan pemahaman yg diperlukan masyarakat terkait pilkada.

Kemudian, kata dia, memiliki kepedulian sosial yg tinggi dan mengamati perubahan yg terjadi di lingkungan masyarakat serta memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah, serta berkontribusi menciptakan situasi keamanan yang aman dan damai di lingkungannya.

"Dan selanjutnya adalah menjadi contoh yang baik, sebagai penggerak agar masyarakat mampu memperbaiki moral ke arah yang lebih baik," ujarnya.

Selain edukasi kamtibmas, ia juga menjelaskan bahwa peran mahasiswa dalam bernegara yaitu menjaga Kebhinekaan dan sekaligus sebagai agen sosialisasi empat pilar, yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang-Undang 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
. Wadir Intlekam) Polda Sultra AKBP Suharman Sanusi saat mengedukasi mahasiswa IAIN Kendari dalam menciptakan kamtibmas pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, di Kampus IAIN Kendari, Minggu (19/8/2024). ANTARA/Andika

Menurut dia, sebagai agen perubahan mahasiswa memiliki intelektual dan idealisme, sebab dengan kemampuan tersebut mahasiswa dapat berperan dan bertanggung jawab berikan kemajuan untuk bangsa dan negara.

"Untuk itu, sebagai kaum akademisi kami harapkan mahasiswa mampu menciptakan sebuah kondisi yang harmonis dalam hidup bernegara dan memiliki jiwa patriotisme guna menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI," ucapnya.

Ia mengatakan mahasiswa sebagai penerus bangsa, yaitu agen perubahan yang merupakan center dari kemajuan bangsa, bertugas untuk mengadakan perubahan dalam masyarakat ke arah yang lebih baik di masa mendatang.

"Jadi, pada kegiatan ini semoga mahasiswa IAIN Kendari memiliki semangat perjuangan dan pembangunan Pendidikan di NKRI ini dalam membangun bangsa yang lebih baik," tutupnya.

Dalam kegiatan edukasi kamtibmas pilkada serentak 2024 itu diikuti sebanyak 1.554 mahasiswa baru IAIN Kendari tahun akademik 2024.
 

Pewarta : Azis Senong/Andika
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024