Kendari (ANTARA) - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Prof Husain Insawan mengajak mahasiswa yang mengikuti upacara HUT ke-79 RI agar selalu mengenang para jasa pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

"Sekitar 2.000 mahasiswa mengikuti upacara HUT ke-79 RI 2024 di kampus IAIN Kendari," kata Rektor IAIN Kendari Prof Husain Insawan, di Kendari, Sabtu.

Ia mengajak mahasiswa pada peringatan HUT RI ke-79 tahun ini mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan. Sebab, sejatinya kemerdekaan adalah amanah yang harus dijaga dan dirawat demi kemajuan bangsa.

Menurut dia, pada momentum ini peran mahasiswa sangat penting dalam melanjutkan estafet pembangunan bangsa. Karena mahasiswa adalah salah satu aset pelanjut harapan bangsa.

"Jadi, sebagai mahasiswa tentu mereka harus mengisi diri untuk memiliki kompetensi yang sangat kita harapkan, seperti ilmu pengetahuan, skil, dan terutama adalah akhlak nilai budi pekerti yang harus mereka miliki dan mereka praktikkan dalam kehidupan sehari," katanya.
  Sivitas akademika IAIN Kendari saat memperingati HUT ke-79 Proklamasi Kemerdekaan RI di kampus IAIN Kendari, Sabtu, yang dipimpin Rektor IAIN Prof.Husein Insawan. ANTARA/Adika

Ia juga menjelaskan bahwa kemerdekaan Indonesia yang selalu diperingati setiap tahun adalah momentum memperkuat arah pembangunan sekaligus membangun komitmen kebangsaan sebagai pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

HUT RI yang juga disambut meriah di pelosok negeri Indonesia menunjukkan bahwa sejatinya menjadi simbol penghormatan kepada para pendiri bangsa.

"Untuk itu mahasiswa IAIN Kendari harus senantiasa membangkitkan jiwa nasionalisme dan mengimplementasikan kehidupan yang moderat dalam kehidupan sosial, kampus dan lainnya," katanya.

 

Pewarta : Azis Senong/Andika
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024