Kendari (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara, membentangkan bendara merah putih sepanjang 79 meter di Bumi Anoa Kota Kendari agar menumbuhkan semangat perjuangan dan jiwa nasionalisme dalam rangka menyambut HUT ke-79 RI 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio, di Kendari, Selasa, mengatakan bahwa pembentangan merah putih tersebut bertujuan untuk merefleksikan semangat optimisme dan harapan bangsa, dalam menyambut masa depan lebih cerah.

"Sebanyak 153 siswa dilibatkan mengusung pembentangan bendera merah putih sepanjang 79 meter tersebut," katanya.

Ia menjelaskan bahwa hari kemerdekaan Republik Indonesia merupakan tonggak sejarah perjuangan bangsa yang harus dipertahankan, untuk itu sudah sepatutnya sebagai warga Negara Indonesia mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Sebagai generasi penerus bangsa, kita dituntut untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan terus berinovasi dan berkarya. Untuk itu, melalui perayaan peringatan hari kemerdekaan RI saat ini, ada banyak kegiatan positif yang dilakukan untuk merupakan jiwa nasionalisme," kata Asrun.

Menurut dia, kegiatan tersebut juga telah sejalan dengan perayaan Hari Kemerdekaan ke-79 RI, yang akan dilaksanakan yakni pada tanggal 17 Agustus 2024.

Ia menjelaskan, pada kegiatan tahun ini yang mengusung tema Nusantara Baru Indonesia Maju diharapkan dapat menumbuhkan semangat optimisme dan harapan bangsa, dalam menyambut masa depan di negeri tercinta ini.

"Tema itu juga sejalan dengan semangat perpindahan ibu kota negara dan pergantian kepemimpinan, dimana menjadi momentum penting dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045," ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Sultra bentangkan merah putih sepanjang 79 meter di Kendari

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024