Kendari (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Baubau Muh Rasman Manafi mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau untuk menjadi agen penyebar informasi positif menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Muh Rasman Manafi di Baubau Rabu, mengatakan bahwa penyebaran informasi mengenai informasi penyelenggaraan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada November 2024 mendatang. Namun, informasi tersebut harus terlebih dahulu dikonfirmasi kebenarannya.

"Jangan karena hanya ingin yang pertama mengetahui informasi lantas melakukan sharing atau membagikan sebelum menyaring terlebih dahulu informasi tersebut. Padahal yang dilakukan itu adalah fitnah. Kalau informasi itu tidak benar kita saring sebelum kita sharing,” kata Rasman Manafi.

Ia menyebutkan bahwa saat ini tugas untuk menjaga kedamaian dan kenyamanan di daerah begitu penting, mengingat saat ini juga telah memasuki tahapan politik menghadapi pesta demokrasi, yang terkadang pemaknaan pesta itu berbeda dengan pesta-pesta lainnya.

"Begitu juga setelah selesai pesta harusnya senang, tenang bahkan terbangun silaturahmi," ujarnya.

Rasman Manafi juga mengajak seluruh ASN di lingkup Pemkot Kendari untuk selalu bersama-sama menjaga daerah dengan aman dan nyaman. Sehingga pelaksanaan Pilkada 2024 di wilayah Kota Baubau dapat berjalan dengan lancar tanpa ada yang terpecah belah.

”Ayo kita jaga wilayah kita, biarkan setelah kita memilih, penyelenggara pemilu yang menangani dan tinggal kita mengawasi. Kalau setiap lima tahun sekali dilakukan itu (hoaks) menjadi dosa jariah, itu juga akan menjadi penyebab ketidaknyamanan di negeri ini. Sekali lagi saya mengajak ayo kita jaga dan juga harus menjadi bagian dari penyeimbangan informasi,” jelas Rasman Manafi.

Tak lupa, dia juga mengingatkan kepada seluruh ASN di Pemkot Baubau untuk terus menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis pada Pilkada 2024.

 


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024