Kendari (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas menyebutkan terdapat enam desa dan kelurahan terendam banjir bandang akibat luapan Sungai Anggomate yang melanda di Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu.

"Desa yang terendam banjir di wilayah tersebut yaitu Desa Labungga, Laronanga, Puuwonua, Waworate, Mataiwoi, dan Kelurahan Andowia. kata Komandan Pos SAR Konawe Utara Dedi Irawan saat dihubungi melalui telepon, Rabu malam.

Dedi Irawan menjelasakan, banjir tersebut di sebabkan oleh intensitas curah hujan yang cukup tinggi yang terjadi sejak Selasa (2/7) malam sekitar jam 22.00 Wita hingga malam ini dengan ketinggian air 70 sentimeter, yang mengakibatkan air Sungai Anggomate meluap di daerah itu .

"Intensitas hujan semalam hingga malam ini cukup tinggi sehingga menyebabkan banjir bandang di enam desa tersebut," katanya.

Ia mengimbau, untuk masyarakat yang tinggal di sekitar Sungai Anggomate agar selalu waspada terhadap banjir mengingat curah hujan tinggi yang terjadi di beberapa hari ini.

"Kepada Masyarakat di sekitar Sungai Anggomate Kecamatan Andowia agar selalu waspada terhadap banjir," ujarnya.

Ia berharap, semoga banjir di daerah tersebut cepat surut sehingga masyarakat dapat kembali bekerja dan beraktivitas seperti biasanya.

Pantauan Tim SAR Konut Sulawesi tenggara di lokasi banjir tidak terdapat korban jiwa dan pihaknya akan selalu siap siaga selama 24 jam di daerah tersebut.

Pewarta : Azis Senong/Andika
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024