Kendari (ANTARA) - Dalam rangka Hari Keluarga Nasional ke 31 Tahun 2024, Direktorat Analisis Dampak Kependudukan BKKBN bersama Sekretariat Kabinet, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan Kementerian Dalam Negeri menyelenggarakan Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas sebagai upaya pembinaan serentak dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas.

Dalam kegiatan ini, Desa Puuroda, Kecamatan Baula, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara berhasil meraih juara 2 Kampung Keluarga Berkualitas tingkat nasional tahun 2024 untuk kategori kabupaten regional 2.

Prestasi ini diberikan dalam apresiasi dan penghargaan lomba di lingkungan kedeputian bidang pengendalian penduduk tahun 2024 di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (27/6).

Dari hasil penilaian seleksi verifikasi lapangan yang dilakukan kepada 12 (dua belas) Kampung Keluarga Berkualitas se Indonesia, Desa Puuroda ditetapkan terbaik kedua pemenang Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Nasional Tahun 2024.
Kepala Perwakilan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sulawesi Tenggara (BKKBN Sultra),  Asmar, M.Si mengatakan Desa Puuroda ini memang sudah dipersiapkan sejak awal melalui lomba tingkat provinsi Sulawesi Tenggara terlebih dahulu.

“Alahmdulillah kita bisa meraih juara dua dari ribuan kampung KB se Indonesia di bawah Sulawesi Utara sebagai juara satu, dan di atas Sulawesi Selatan sebagai juara tiga.” ungkap Asmar 

Menurut Asmar, Ini merupakan penghargaan yang luar biasa karena mampu mengalahkan ribuan kampung KB lainnya. Beberapa inovasi Desa Puuroda dalam upaya mencegah stunting, antara lain inovasi tebar benih untuk stuntuing oleh para kader, perpustakaan khusus kampung KB, yang menjadikan desa Puuroda meraih predikat zero atau nol stunting.

“Tahun 2016 Puuroda masih desa tertinggal, dengan kerjasama lintas sektor dan dukungan pemerintah daerah mulai dari bupati sampai kepala desa sehingga mendapat juara dua terbaik dan menjadi kebanggan Provinsi Sulawesi Tenggara.” Asmar menambahkan.

Sementara itu, untuk lomba Kader Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) Kelurahan Tahoa, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara berhasil meraih juara harapan 1 tingkat nasional.

BKKBN menyebut Pemenang Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Nasional Tahun 2024 akan menjadi rujukan pembelajaran atau menjadi rekomendasi praktik baik (best practice) di seluruh Indonesia serta menjadi inspirasi bagi Kampung Keluarga Berkualitas lainnya.

Untuk diketahui, pemenang Penguatan Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Nasional Tahun 2024 sebagai berikut: 

Regional 1
Juara 1: Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Malang, Kecamatan Sumber Pucung, Desa Senggreng
Juara 2: Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Wonosobo, Kecamatan Leksono, Desa Kalimendong
Juara 3: Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Solok, Kecamatan Gunung Talang, Desa Jawi Jawi

Regional 2:
Juara 1: Provinsi Sulawesi Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, kecamatan Tumpaan, Desa Munte
Juara 2: Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Kolaka, Kecamatan Baula, Desa Puuroda
Juara 3: Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Kecamatan Marang, Desa Pitue

Pewarta : Azis Senong/Sahar
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024