Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Kolaka, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan Posko Operasi Mantap Praja untuk pengaduan terkait dengan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak November 2024 mendatang.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Kolaka Kompol Gusti Komang Sulastra saat dihubungi di Kendari Senin, mengatakan bahwa di posko tersebut disiapkan semua data yang dibutuhkan untuk menangani aduan terkait dengan Pilkada.

"Kami juga siap menerima aduan berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada ini," kata Gusti Komang.

Dia menyebutkan bahwa Posko Mantap Praja Polres Kolaka itu berbeda dengan Posko Penegakan Hukum Terpadu atau Gakkumdu yang terdiri dari beberapa instansi, seperti kejaksaan kepolisian, pengadilan, serta penyelenggara Pilkada, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu.

"Di posko (Posko Mantap Praja Polres Kolaka) tersebut hanya terdiri dari kepolisian, nanti kalau Gakkumdu lain lagi," ujarnya.

Gusti Komang juga menyampaikan bahwa untuk pengamanan tahapan Pilkada juga telah dipersiapkan. Polres Kolaka telah melaksanakan simulasi pengamanan kota atau Sispamkota untuk memetakan personel terhadap pengamanan Pilkada di Kabupaten Kolaka.

"Apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab personel, mulai dari kampanye sampai dengan tahap pencoblosan," sebut Gusti Komang.

Dia mengungkapkan bahwa pihaknya berharap seluruh lapisan masyarakat nanti bisa menyampaikan hak-hak politiknya secara damai dan kondusif.

"Kami juga berharap masyarakat ikut berpartisipasi menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Kolaka, sehingga nanti pada pelaksanaannya berjalan aman dan lancar," ungkapnya.

Gusti Komang juga menambahkan bahwa pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Kolaka, yang menemukan pelanggaran atau hal-hal yang tidak sesuai terhadap tahapan Pilkada serentak tersebut bisa langsung melaporkannya kepada pihak kepolisian.

"Bisa langsung melaporkan di Polsek terdekat atau di Posko Mantap Praja Polres Kolaka," tambah Gusti Komang.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024