Kendari (ANTARA) - Petugas Pemutakhiran Data Pemilih ( Pantarlih ) untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Sulawesi Tenggara dan Pemilihan Walikota dan Wakil walikota Kendari tahun 2024 untuk semaksimal mungkin melakukan pendataan daftar pemilih tetap (DPT) ke setiap warga.

"Kedisiplinan para Pantarlih sangat menentukan suksesnya pendataan seluruh warga, dan pastikan seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih terdapat dalam DPT," kata Ketua Bawaslu Kecamatan Baruga Ahmad Firmansyah di Kendari, Senin.

Sebelumnya 12 anggota Pantarlih kelurahan Wundudopi Kecamatan Baruga, resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Wundudopi Muhammad Yunus di aula kantor kelurahan Wundudopi yang disaksikan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Sabarullah dan anggota PPK, Irham.

Ahmad Firmansyah mengatakan, akurasi data yang di catat dan di potret Pantarlih sangat menentukan, karena merupakan ujung tombak KPU dalam melakukan pemutakhiran dan pendaftaran Pemilih.

Pantarlih yang diberi tugas kurang lebih satu bulan melakukan pendataan, dalam melakukan proses pemutakhiran dan pendaftaran Pemilih mengemban tugas yang sangat penting yaitu melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilihnya

Pekerjaan yang sangat penting ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab karena itu Pantarlih harus tepat dalam pencocokkan data dan teliti dalam bekerja serta dapat berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait salah satunya adalah RT/RW, termasuk dengan PPSa. Untuk itu, Pantarlih wajib menggunakan buku kerja dalam melaksanakan tugas tersebut. Sebanyak 12 anggota Pantarlih kelurahan Wundudopi Kecamatan Baruga saat menjalani pelantikan sumpah yang dilakukan Ketua PPS Kel.Wundudopi Muhammad Yunus di aula kantor kelurahan Wundudopi, Senin. (Foto Antara/Azis Senong)


"Jadi buku kerja dimaksud untuk menjadi buku panduan di lapangan sekaligus sebagai catatan kerja Pantarlih untuk akuntabilitas proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) sekaligus koordinasi dengan pihak-pihak terkait yang dimaksud (RT-RW dan PPS)," ujar Ketua PPK Kecamatan Baruga Sabarullah saat memberi pengarahan di sela-sela usai pelantikan.

Untuk diketahui Pantarlih yang dilantik dan diambil sumpah serentak hari ini, khusus di wilayah Kota Kendari telah terpenuhi yakni sebanyak 949 orang yang akan bertugas mendata DPT di 520 TPS di 65 kelurahan di 11 kecamatan se Kota Kendari.

Suasana pelantikan anggota Pantarlih Kelurahan Wundudopi disaksikan Sekretaris Lurah Wundudopi Sinar Eva Isma, Babinsa dan RT-RW di kelurahan Wundudopi.
 

Pewarta : Azis Senong/Andika
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024