Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyalurkan bantuan berupa 2.400 kilogram bibit jagung kepada kelompok tani di Desa Jati Bali dan Desa Sindangkasih, Kecamatan Ranomeeto Barat, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Kepala Polresta Kendari Kombes Pol Aris Tri Yunarko saat ditemui di Kendari Kamis, mengatakan bahwa bibit jagung yang disalurkan bersama Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Konsel tersebut jenis Pioner P40, dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024.

Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk mendukung ketahanan pangan lokal, khususnya dalam meningkatkan produksi jagung di daerah tersebut.

"Pentingnya pelaksanaan urusan ketahanan pangan karena menyangkut kebutuhan pokok masyarakat, sekaligus menjadi hak dasar untuk memperoleh pangan yang cukup untuk konsumsi rumah tangganya," kata Aris Tri Yunarko.

Dia menyebutkan bahwa dengan bantuan yang diberikan tersebut semoga dapat bermanfaat dan bisa mewujudkan kedaulatan pangan masyarakat melalui ketersediaan produksi dan cadangan pangan.

"Bantuan bibit jagung yang diserahkan merupakan hasil kolaborasi antara Polresta Kendari dan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Konawe Selatan," ujarnya.

Aris Tri Yunarko juga mengungkapkan bahwa penyaluran bantuan bibit jagung itu juga bertujuan untuk mempererat hubungan antara Polri dengan masyarakat petani dalam membangun kemitraan yang berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Desa Jati Bali Made Budiarta mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik inisiatif dari Polresta Kendari dan dinas terkait atas penyaluran bantuan tersebut.

Dia berharap bantuan ini tidak hanya sekadar menjadi simbolisasi dalam peringatan Hari Bhayangkara, tetapi juga dapat memberikan dampak nyata dalam peningkatan hasil panen jagung di wilayah mereka.

"Kami selaku pemerintah Desa mengucapkan rasa terimakasih yang sebanyak-banyaknya atas bantuan yang diberikan, semoga kelompok tani bisa mempergunakan sebaik-baiknya, bisa bermanfaat bagi ketahanan pangan khususnya Desa Jati Bali dan Sindangkasih," jelas Made Budiarta.

 


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024