Kendari (ANTARA) -  Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Lawa  Wawan  mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat nasional. 

Kepala SMA 1 Lawa La Ode Mirad di Laworo, Kamis, mengatakan Wawan mengikuti cabang atletik yang terdiri lari, lompat, lempar dan tolak peluruh. 

"Wawan juara 1 pada lari nomor 100, 200 dan 400 meter. Kemudian juara 1 lompat jauh dan lempar lembing. Dan tolak peluruh hanya dapat juara 2," jelasnya. 

Kata dia, atas prestasi yang diraih anak didiknya tersebut pihaknya hari ini menggelar upacara penyambutan sebagai rasa terima kasih karena telah mengharumkan nama sekolah di tingkat provinsi. 

"Kita juga akan memberikan bonus berupa uang. Untuk jumlahnya belum saya sebutkan. Tujuan bonus ini supaya mereka termotivasi untuk berprestasi," ujarnya. 

Mirad menuturkan atas raihan prestasi siswanya itu pihak SMA 1 Lawa merasa bangga. Karena itu ia mengharapkan agar siswanya tersebut kembali mengukir prestasi pada O2SN tingkat nasional. 

"Marilah kita belajar dan berlatih supaya sekolah kita ini menjadi yang terdepan. Silahkan berlatih untuk mendapat prestasi. Jangan mudah berpuas diri supaya menjadi lagi baik lagi di tingkat nasional," pesannya. 

Pengawas Manajerial SMA 1 Lawa Syahrir juga memberikan apresiasi atas torehan prestasi yang dicapai oleh siswa tersebut. 

Menurutnya, prestasi ini merupakan perpaduan olah hati dan olah pikir yang menghasilkan olahraga yang baik. 
  
"Mewakili Dikbud Sultra  berterima atas peran SMA 1 Lawa  terlebih pada guru olahraga dan pelatih," terangnya. 

Syahrir mengharapkan  agar atlet ini pada saat pertandingan tingkat nasional kembali mempersembahkan hasil yang baik untuk Sultra. 

"Saya berpesan marilah berjuang membawa nama baik Provinsi Sultra. Sebagai duta Mubar dan Sultra bisa meraih prestasi nasional bahkan level internasional. Saya apresiasi dengan baik prestasi seperti ini," ucapnya. 

Untuk diketahui kegiatan O2SN tersebut diselenggarakan di Kendari, Sultra yang dimulai 14 - 16 Juni 2024.

Pewarta : Azis Senong/La Ode Biku
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024