Makassar (ANTARA) - Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, H. Muhamad Saleh melepas secara resmi calon jamaah haji (CJH) kloter 35-UPG Embarkasi Makassar di Asrama Haji Sudiang menuju Arab Saudi, Kamis.

Pelepasan ini ditandai dengan penyerahan bendera merah putih dari Kakanwil Kemenag Sultra kepada Ketua kloter 35-UPG, di aula pemberangkatan Embarkasi Makassar.

Kloter 35-UPG ini merupakan gabungan jamaah haji Kota Baubau (142) jamaah, Kabupaten Bombana (138), Buton Tengah (31), Konawe (2)  dan Kota Kendari (1) jamaah. Ditambah Petugas Kloter 5 orang dan PHD 3 orang. Kloter ini juga merupakan gabungan jamaah haji dari Kabupaten Maros Sulawesi Selatan.

Kakanwil, Muhamad Saleh mengatakan perjalanan haji merupakan perjalanan spiritual mendalam yang menjadi cita-cita dan harapan bagi setiap umat Muslim. Kakanwil Kemenag Sultra H.Muhamad Saleh di dampingi Kabid PHU Hj.Marni dan sejumlah Kakan Kemenag kabupaten kota saat memberi keterangan kepada wartawan di Asrama Sudiang Makassar, Kamis. (Antara/Azis Senong)
Untuk itu, Kakanwil berpesan mewakili Pemprov Sultra bahwa selain menunaikan ibadah haji, keberangkatan jamaah haji sekalian juga secara tidak langsung membawa nama baik daerah dan nama baik bangsa pada umumnya.

Oleh karena itu, Kakanwil mengharapkan kepada seluruh jamaah, untuk selalu mentaati berbagai peraturan yang ada, selalu tertib dan khidmat dalam melaksanakan tuntutan ibadah, sehingga seluruh jamaah haji, dapat melaksanakan rangkaian pelaksanaan ibadah haji dengan sebaik- baiknya, serta dapat kembali ke tanah air dalam keadaan sehat Walafiat.
  Kakanwil Kemenag Sultra H.Muhamad Saleh (batik) bersama seluruh jamaah secara resmi melepas calon haji kloter 35-UPG Embarkasi Makassar di Asrama Haji Sudiang menuju Arab Saudi, Kamis. (Antara/Azis Senong)
Lebih dari itu, Kakanwil berharap kiranya jamaah haji bisa menjadi suri tauladan dalam pelaksanaan ibadah haji ini, bagi jamaah dari daerah-daerah lain.

"Selamat jalan bapak ibu semuanya, jaga kekompakan dan kebersamaan dan kepada seluruh petugas kloter yang menyertai jamaah agar senantiasa memberikan layanan terbaik kepada seluruh JCH yang pada hari ini kita berangkatkan," ujarnya.

Dalam kloter 35 Sultra juga ikut dalam rombongan Pj. Walikota Baubau Muhammad Rasman Manafi dan Ketua Bappeda Sultra J.Robert sebagai Pendamping Haji Daerah (PHD).

Sementara ikut hadir dalam pelepasan kloter 35 di Embarkasi Makassar diantaranya Kabid PHU Kanwil Kemenag Sultra Hj.Marni, Kabid PHU Kanwil Kemenag Sulsel Iqbal Ismail dan beberapa Kakandepag kabupaten/kota se-Sultra.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024