Kendari (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyerukan pelaksanaan dan tahapan pemilihan kepala daerah atau Pilkada serentak tahun 2024 berlangsung damai untuk bersama-sama menjaga kampung halaman tercinta.

Kapolda Sultra Irjen Pol Dwi Irianto saat ditemui di Kendari, Senin, mengatakan bahwa dirinya menitipkan pesan kepada seluruh masyarakat di wilayah Bumi Anoa agar bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas jelang, saat, dan pasca Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada November 2024 mendatang.

"Pesan saya, karena sebentar lagi akan Pilkada, tolong, saya minta kampung kita dijaga keamanannya," kata Dwi Irianto.

Dia menyebutkan bahwa perbedaan pilihan dalam pelaksanaan Pilkada tersebut merupakan hal yang lumrah terjadi, sehingga jangan dijadikan perbedaan pilihan itu sebagai pemicu untuk terjadi konflik dan perpecahan di tengah-tengah masyarakat.

Apabila terjadi permasalahan terkait dengan Pilkada di tengah-tengah masyarakat, Dwi Iriyanto meminta agar hal tersebut dapat diselesaikan dengan cara baik-baik secara musyawarah mufakat bersama-sama.

"Tapi saya yakin masyarakat kita kerukunan antar-warga sangat bagus," ucap Dwi Irianto.

Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama dengan pihak kepolisian dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif. Jika mendapatkan sesuatu yang mengarah kepada hal-hal yang dapat mengakibatkan terganggunya Kamtibmas dapat melaporkannya kepada pihak kepolisian untuk segera ditindaklanjuti.

"Kalau ada permasalahan diselesaikan dengan baik agar tidak membesar. Silahkan lapor ke Kapolres, Kapolsek, untuk bantu ditangani. Tolong bantu Kapolres, Kapolsek untuk menjaga kampung kita tetap aman dan damai, kondusif," ungkap Dwi Irianto.

Dwi Irianto juga menambahkan bahwa pihaknya berpesan kepada seluruh masyarakat di Bumi Anoa untuk tidak mudah terprovokasi dengan berbagai macam isu yang belum diketahui kebenarannya di media sosial.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024