Kendari (ANTARA) -  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) melantik 33 orang petugas pengawas kecamatan (Panwascam) di salah satu hotel di Kendari.

Ketua Bawaslu Kota Kendari Sahinuddin, di Kendari, Jumat, mengatakan, pelantikan 33 Panwascam yang nantinya akan bertugas mengawal proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 berasal dari 11 Kecamatan di Kota Kendari.

“Jadi dari masing – masing Kecamatan ada 3 orang Panwascam sehingga total 33 orang dilantik dan tersebar di 11 Kecamatan yang ada,” kata Sahinuddin.

Sahinuddin mengucapkan selamat kepada seluruh anggota Panwascam yang telah dilantik dan diambil sumpahnya yang selanjutnya akan bertugas menjalankan Amanah sebagai pengawas terhadap jalannya Pilkada.

Ia mengingatkan kepada seluruh Panwascam yang telah dilantik untuk selalu menjaga soliditas serta menekankan integritas dalam menjalankan tugas serta tanggung jawab sebab dinamika Pilkada akan lebih panas dibanding Pemilu.

“Jadi selain kita harus solid dan berintegritas juga anggota yang baru dilantik juga harus siapkan mental yang kuat,” katanya.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman di Pilkada sebelumnya tantangan Panwas di Pilkada itu lebih berat dibanding Pemilu bahkan pada saat pleno rekapitulasi suara di Pilkada 2017 lalu pengaman terhadap PPK dan Panwas itu sampai harus naik mobil Barracuda Brimob.

Selain itu ia menambahkan saat ini dalam rangka pembentukan badan Adhoc penyelenggara pemilihan juga telah berjalan proses perekrutan anggota pengawas Kelurahan yang berjumlah 65 kelurahan se Kota Kendari. 

“Saat ini sudah melewati proses wawancara dan tidak lama lagi akan pengumuman kandidat terpilih,” tambahnya.

Pewarta : Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024