Kendari (ANTARA) - Pangakalan Angakatan Laut (Lanal) Kendari menggelar kegiatan patroli dalam rangka pengamanan Hari Raya Waisak 2024 di beberapa Vihara di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) I Gede Dharma Yoga saat ditemui di Kendari, Kamis, mengatakan bahwa pengamanan tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para umat Budha yang melaksanakan perayaan Tri Suci Waisak.

"Pengamanan dilakukan di beberapa Vihara di Kendari," kata Gede Dharma Yoga.

Dia menyebutkan bahwa dalam pengamanan itu, pihaknya bersama dengan personel pengamanan lainnya bersama-sama melakukan sterilisasi Vihara, untuk mencegah terjadinya beberapa hal yang tidak diinginkan.

"Mulai dari sterilisasi hingga pemeriksaan terhadap para umat yang hendak mengikuti perayaan Waisak 2024," ujarnya.

Gede Dharma Yoga juga menyampaikan bahwa selain mengamankan Vihara, pihaknya juga ikut membantu dalam pengaturan lalu lintas jalan di sekitar Vihara agar tidak terjadi kemacetan dan dapat mengganggu perayaan Tri Suci Waisak tahun 2024 di Vihara tersebut.

"Kami juga ikut membantu melaksanakan pengaturan lalu lintas di Vihara tersebut," jelasnya.

Dia menambahkan bahwa pihaknya berharap dengan adanya bantuan pengamanan dari Lanal Kendari itu dapat memberikan rasa aman dan nyaman terharap para umat yang melaksanakan hari raya Waisak 2024 di Kota Kendari.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024