Kendari (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Kendari mencatat realisasi investasi pada triwulan I tahun 2024 mencapai Rp250 miliar.

Kepala DPM PTSP Kota Kendari Maman Firmansyah, di Kendari, Jumat, mengatakan sangat bersyukur melihat capaian investasi di Kota Kendari pada awal tahun 2024 yang menurutnya sangat baik.

“Alhamdulillah realisasi investasi kita di Kota Kendari pada triwulan I terbilang sangat baik bila berkaca dari pencapaian yang sama pada tahun sebelumnya,” kata Maman.

Ia menuturkan pada periode yang sama di tahun sebelumnya yakni tahun 2023 realisasi investasi di triwulan I hanya berjumlah Rp 124 miliar atau hanya setengah dari pencapaian pada triwulan I tahun 2024.

“Bila kita lihat capaian ini ada peningkatan 2 kali lipat atau 100 persen dari tahun sebelumnya yang tentunya menjadi motivasi untuk lebih giat lagi dalam meningkatkan investasi di Kota Kendari,” katanya.

Sedangkan sektor yang paling banyak menyumbang pada realisasi investasi pada awal tahun 2024 adalah sektor pembangunan perumahan, kemudian industri dan juga pergudangan.

“Apabila kita melihat kondisi di lapangan tiga sektor tadi memang paling cepat pertumbuhannya khususnya untuk di Kota Kendari,” ungkapnya.

Menurutnya, capaian pada triwulan I ini menjadi pemicu bagi pihaknya agar lebih semangat lagi dalam usaha mengejar target capaian investasi yang telah ditentukan yakni sekitar Rp 1,2 triliun.

Maman menambahkan, pihaknya sangat optimis akan mampu memenuhi target capaian investasi pada tahun ini yang bila dikalkulasi dengan hasil realisasi triwulan I sangat memungkinkan untuk dicapai.

“Dengan melihat capaian triwulan I yang jumlahnya mencapai 2 kali lipat dari periode yang sama di tahun sebelumnya harusnya target tahun ini juga akan bisa tercapai,” tambahnya.

Pewarta : Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024