Kendari (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga menganggarkan Rp10 miliar untuk pembangunan dua infrastruktur talud di Kabupaten Buton Tengah, Provinsi Sultra.

Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Provinsi Sultra Pahri Yamsul saat dihubungi di Kendari, Rabu, mengatakan bahwa pembangunan dua beton pengaman pantai itu terletak di Desa Napa dan Desa Wakambangura, Kecamatan Mawasangka, yang anggarannya masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024.

"Selain talud, anggaran khusus juga diporsikan untuk rehabilitasi infrastruktur jalan BTS (Buy The Service) Buteng yang memperkuat konektivitas moda transportasi daerah otonomi baru itu dengan Pelabuhan Wamengkoli," kata Pahri Yamsul.

Dia menyebutkan bahwa alokasi anggaran khusus sebesar Rp10 miliar itu akan dialokasikan untuk mendukung infrastruktur di Kabupaten Buteng itu mencakup kebutuhan dana rehabilitasi jalan di Pelabuhan Wamengkoli dan talud di Desa Napa dan Desa Wakambangura.

“Di dinas bina marga hampir Rp10 miliar miliar untuk di Kabupaten Buton Tengah tahun 2024 ini,” sebut Pahri Yamsul.

Pahri Yamsul juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengeksekusi dengan cepat pembangunan jalan dan talud tersebut, sesuai dengan instruksi Penjabat (Pj) Gubernur Sultra Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto, sebagai bentuk respon cepat keluhan masyarakat yang ada di kawasan pesisir Kabupaten Buton Tengah.

"Kelurahan masyarakat pesisir di sana yang kawasan pemukimannya rusak karena gelombang tinggi dan banjir rob," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa saat ini desain pembangunan tersebut telah selesai dilakukan, sesuai dengan harapan Pj Gubernur Sultra, untuk segera menuntaskan pembangunan talud bagi masyarakat.

"Talud di sana penting mencegah kawasan pemukiman pesisir di sana rusak,” tambah Pahri Yamsul.

 


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024