Kendari (ANTARA) - Penjabat Bupati Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra),  Sukanto Toding, mengajak masyarakat di daerah itu agar selalu menjaga alam disekitar masing-masing. Pesan itu disampaikan di hadapan ribuan umat Muslim saat melaksanakan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1445 H di Masjid Agung Lasusua.

Dalam rilis Diskominfo Kolut yang diterima, Kamis, Sukanto Toding dalam khutbahnya mengajak untuk merenungkan hakikat penciptaan manusia sebagai khalifah di muka bumi, sebuah amanah yang diperintahkan Allah.

Dirinya mengajak untuk bersyukur atas keindahan dan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) Kabupaten Kolaka Utara, serta menekankan pentingnya menjaga, mengelola, dan melestarikan alam sebagai bagian dari iman. 

"Alam diciptakan untuk mendukung kehidupan semua makhluk, oleh karena itu, kita tidak boleh merusak nya. Pengelolaan SDA harus dilakukan secara bijak, sebagai tanggung jawab kita sebagai khalifah," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sukanto Toding yang juga sebagai Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Setda Sultra itu menekankan pentingnya pembangunan berkelanjutan yang memperhatikan kelestarian alam, serta mengajak semua umat untuk menjadikan agama sebagai tuntunan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Dengan demikian, kita dapat menjalankan peran sebagai khalifah yang bertanggung jawab di bumi ini," tuturnya.

Pewarta : Azis Senong/Darwis
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024