Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor Kolaka, Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara menyiapkan sebanyak tiga pos untuk pengamanan objek wisata di Kabupaten Kolaka pada libur Lebaran 2024.

Kepala Bagian Operasional Polres Kolaka Komisaris Polisi Gusti Komang Sulastra saat dihubungi, Minggu, mengatakan bahwa tiga pos pengamanan itu disiapkan di tiga kecamatan yang mempunyai objek wisata, yakni di Kecamatan Wolo yang ada wisata Tamborasi, Kecamatan Samaturu dan Watubangga dengan objek wisata Pantai Kalomang.

"Di Kecamatan Wolo itu kami siapkan delapan personel, begitu juga di Kecamatan Samauturu juga delapan personel, dan di Kecamatan Watubangga itu ada 10 personel," kata Gusti.

Dia menyebutkan para personel yang bertugas dalam pengamanan objek wisata itu akan memberikan pelayanan kepada masyarakat dan juga memberikan imbauan kepada pengunjung objek wisata untuk tetap menjaga keselamatan.

"Untuk pengamanan tempat wisata ada tiga lokasi, yakni ada Samaturu, Tamborasi, dan Watubangga," ujarnya.

Dalam pos pengamanan itu, terdapat juga beberapa personel gabungan dari TNI, instansi terkait, dan Basarnas, untuk kesiapan apabila terjadi insiden tertentu.

"Kita sudah komunikasi dan mereka siap," jelasnya.

Gusti menjelaskan bahwa dalam pengamanan objek wisata pada libur Idul Fitri 1445 Hijriah, pihaknya lebih mengedepankan pemberian imbauan kepada para pengunjung.

"Kemudian kami berkoordinasi dengan para petugas penjaga pantai yang disiapkan oleh masing-masing dari instansi terkait untuk keselamatan para pengunjung wisata," ungkap Gusti.

Gusti menambahkan puncak kegiatan kunjungan wisatawan di Kabupaten Kolaka terjadi pada Sabtu (13/4). Sedangkan pada saat ini, kunjungan wisata masih relatif, namun tidak sepadat sehari sebelumnya.
 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024