Kendari (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Baubau, Sulawesi Tenggara, mencatat jumlah penumpang naik dan turun di Pelabuhan Murhum Kota Baubau hingga H-7 Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah sebanyak 19.211 orang.

Kepala KSOP Kelas II Baubau, Taher Laetupa, di Baubau, Rabu, menyebutkan, sampai saat ini pelaksanaan pengoperasian posko angkutan Lebaran 2024 tercatat penumpang naik kapal berjumlah 7.174 orang dan penumpang turun atau tiba sebanyak 12.037 orang.

"Artinya kalau dibandingkan dengan 2023 persentasenya ini masih di bawah yakni sebanyak 24.145 orang," ujar Taher didampingi Kepala Sub Bagian Tata Usaha KSOP Baubau, Lianuddin.

Ia merinci, jumlah penumpang naik pada periode yang sama tahun 2023 sebanyak 8.364 orang, sedangkan penumpang turun berjumlah 15.781 orang.

Kemudian terkait prediksi puncak arus mudik , kata dia, diperkirakan pada 5 April 2024 karena di waktu itu akan ada tiga kapal yang masuk Pelabuhan Baubau dalam satu hari itu.

Di samping itu, lanjut Taher, pelaksanaan mudik gratis menggunakan KM Dobonsolo milik PT Pelni akan berangkat dari Pelabuhan Murhum Baubau ke Balikpapan (Kalimantan Timur) pada 7 April 2024.

"Terkait dengan mudik gratis tahun ini kami sudah menyampaikan lebih awal, karena pada tahun lalu itu tidak capai target, sehingga sekarang ini kami minta agar lebih banyak disampaikan lebih luas," ujarnya.

Ia juga mengimbau agar pemudik jauh-jauh hari sudah memiliki tiket, sehingga tidak tergesa-gesa pada saat berangkat, karena hal itu juga akan membuat kelancaran pengaturan.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong/Yusran
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024