Kendari (ANTARA) - Basarnas Kendari menyiapkan sebanyak 117 personel untuk siaga SAR khusus Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah pada periode 3-18 April 2024.

Kepala Basarnas Kendari Muhammad Arafah saat ditemui di Kendari, Rabu, mengatakan bahwa siaga SAR khusus Lebaran bertujuan untuk mewujudkan pelayanan SAR yang profesional, sinergi, dan militan untuk mendukung kebijakan pemerintah.

"Siaga SAR khusus bekerja sama dengan kementerian atau lembaga terkait dengan selamat dan aman," kata Muhammad Arafah.

Dia menekankan kepada seluruh personel untuk menjaga profesionalisme dalam menjalankan tugas dengan memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan pelayanan SAR, di mana dan kapanpun dibutuhkan.

Kemudian, seluruh personel siaga SAR khusus Lebaran tahun 2024 juga diminta menjaga sinergisitas antarpelayan masyarakat, baik dengan TNI/Polri, maupun dengan seluruh potensi SAR.

"Jaga kekompakan di lokasi kecelakaan atau bencana dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat korban bencana maupun kecelakaan," ujarnya.

Dia juga meminta kepada seluruh personel siaga SAR khusus Lebaran agar mempunyai jiwa militan dalam mengemban tugas. Sebab, tugas SAR adalah tugas kemanusiaan yang memiliki medan operasi yang cukup berat.

"Yang siaga agar tetap melaksanakan prinsip-prinsip Quick Action Search and Rescue dalam merespons setiap bentuk kedaruratan secara profesional, sinergi dan militan," jelasnya.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024