Kendari (ANTARA) -

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan melakukan uji kelayakan bus Damri menjelang arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Kendari La Ode Abdul Manas Salihin, di Kendari, Senin, mengatakan uji bus Damri akan dilakukan pada H-7 menjelang Idul Fitri Tahun 2024.

“Pada saat inspeksi keselamatan (rump chek)  nantinya selain mengecek kendaraan apakah layak digunakan atau tidak juga akan dilakukan pengecekan terhadap sopir – sopir yang akan bertugas,” kata Abdul Manas.

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah preventif menjamin keselamatan lalu lintas serta pemudik selama masa arus mudik lebaran tahun ini.

Menurutnya penting untuk memastikan kelayakan kendaraan yang akan digunakan untuk mudik sebab dalam perjalanan segala sesuatu bisa saja terjadi.

“Jangankan untuk yang tidak siap, yang siap saja masih mungkin terjadi kendala mendadak saat perjalanan, begitu juga dengan sopirnya harus dipastikan mereka aman dari pengaruh alkohol misalnya,” katanya.

Abdul Manas juga mengatakan pada saat inspeksi keselamatan nantinya pihaknya juga akan berkolaborasi dengan aparat TNI dan personil kepolisian.

Selain itu, ia mengaku terkait posko yang akan dibentuk guna mengamankan arus mudik lebaran tahun ini pihaknya terlebih dahulu akan melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian .

Namun  diprediksi jumlahnya tidak akan berbeda dari tahun sebelumnya yaitu 2023 berjumlah 12 Posko.

“Untuk pos – pos pengamanan serta pelayanan Kesehatan akan di kita buat di tiap terminal dan pelabuhan yang tersebar di Kota Kendari,” katanya.


Pewarta : Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024