Kendari (ANTARA) - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan sebanyak Rp1,2 miliar zakat maal kepada 2.793 fakir miskin di Kabupaten itu.

Penjabat (Pj) Bupati Kolut Sukanto Toding di Kolut, Kamis, mengatakan bahwa zakat maal tersebut dikumpulkan dari harta Aparatur Sipil Negara (ASN) dan dibagikan kepada 133 desa dan kelurahan se-Kabupaten Kolut.

"Masing-masing desa atau kelurahan ada 21 orang fakir miskin yang menerima," kata Sukanto Toding.

Ia juga menyampaikan rasa syukur, pasalnya penyaluran zakat maal abdi negara telah tuntas disalurkan di wilayahnya.

Sukanto berharap dengan adanya bantuan yang ditujukan kepada warga kurang mampu di Kabupaten Kolut itu bisa bermanfaat selama Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah (H)/2024 Masehi ini.

“Alhamdulillah, pembagian zakat ini sudah selesai, semoga ini menjadi berkah untuk kita semua dan menjadi penyambung tali asih antara kita,” ujarnya.

Ia meminta kepada warga Kolut bisa menyisihkan rezekinya untuk berzakat, agar harta yang didapatkan itu bisa lebih berkah dan bisa membantu kepada yang membutuhkan.Sebab, dalam harta ada hak orang lain yang harus dikeluarkan.

”Kami berharap semakin banyak warga Kolaka Utara yang mau mengeluarkan zakat hartanya dan mengumpulkannya di Baznas Kolaka Utara,” ucap Sukanto.

Safari Ramadhan dan pembagian zakat tuntas dilaksanakan di Kecamatan Tolala, yang dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati di Kecamatan Ujung Bumi Patowanua.

Pj Bupati Kolut itu menyalurkan zakat kepada 126 orang fakir miskin dengan nilai untuk fakir Rp500 ribu dan miskin Rp400 ribu.

“Ini adalah hari terakhir kita safari Ramadhan dan membagikan zakat semoga kita semua diberikan keberkahan dan rezeki sehingga kita bisa terus berzakat dan infaq, kami minta doanya semua,” ujarnya.*


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024