Kendari, Sultra (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, menggelar pasar murah bertajuk "Ramadhan Berkah" sebagai upaya menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok dan barang penting.

Kegiatan pasar murah Ramadhan yang dihadiri Bupati Konawe Utara Ruksamin tersebut dilaksanakan di Pelataran Kantor Bupati Konawe Utara, Jumat.

Ruksamin mengatakan melalui kegiatan pasar murah masyarakat bisa mendapatkan harga sembako di bawah harga eceran tertinggi (HET) seperti beras, gula, terigu, telur, minyak, dan lain-lain.

"Pasar murah yang dilaksanakan hari ini tidak hanya dikhususkan pada penanganan inflasi, tetapi juga menurunkan angka stunting dan kemiskinan ekstrem dengan maksimalkan program yang bersentuhan langsung kepada masyarakat," ujar Bupati Konut.

Pasar murah yang di gelar oleh Pemkab Konawe Utara ini telah dijadwalkan untuk dilaksanakan di tiap kecamatan selama Bulan Suci Ramadhan.

Usai kegiatan tersebut, Ruksamin beserta jajarannya melakukan rapat untuk menetapkan besaran zakat fitrah Ramadhan 1445 H.

Dalam rapat penetapan tersebut, Pemkab Konawe Utara menetapkan beberapa opsi zakat fitrah yaitu beras super Rp61.600/jiwa (3,5 kg), beras Ciliwung Rp52.500/jiwa, dan beras dolog sebesar Rp33.250 per jiwa. Untuk warga yang mengonsumsi jagung, sagu, umbi-umbian yaitu sebesar Rp33.000 per jiwa.

Sementara, untuk kecamatan dan desa tergantung wilayah dan harga beras diatur oleh masing-masing pemerintah desa dan kelurahan.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024