Kendari (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Muhammad Saleh mengapresiasi pelaksanaan Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) ke 54 tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Kendari.

Hal tersebut diungkapkan Muhammad Saleh saat memberikan sambutan serta membuka kegiatan PTQ ini yang bertempat di Aula Idris Daeng Sirua LPP RRI Kendari, Rabu.

Menurutnya, kegiatan ini sangat positif untuk membangun generasi muda berkarakter Qur’ani serta memiliki pemahaman agama Islam yang baik.

Dirinya berharap agar kegiatan ini tidak hanya pada kegiatan PTQ saja, tetapi juga pada kegiatan yang lain untuk meningkatkan Syiar Islam bagi kaum Muslimin.

"Kami menyampaikan apresiasi sebagaimana bahwa dengan adanya kegiatan ini sebagai wujud untuk membentuk watak dan karakter anak-anak didik yang mencintai Al Qur’an,"  ujar Muhammad Saleh

Sementara itu, Kepala LPP RRI Kendari Iwan Martono menjelaskan, kegiatan PTQ ini dilaksanakan selama dua hari, dimulai 13-14 Maret 2024 dengan diikuti 101 peserta dan mempertandingkan empat cabang lomba yakni Tausiyah, Tahfiz , Tilawah dan lomba Tartil Qur'an Difabel Sensorik Netra.

Namun karena pendaftar dari peserta penyandang tuna netra tidak ada, maka untuk cabang lomba Tartil Qur'an Difabel Sensorik Netra ditiadakan.

Dijelaskan, kegiatan PTQ ini juga serentak dilaksanakan seluruh stasiun RRI se Indonesia dengan mengusung tema "Internalisasi nilai Al-Quran bagi generasi milenial menuju Indonesia Emas".

”Melalui PTQ RRI ini kita tingkatkan nilai Al Qur’an untuk membangun spirit generasi Muslim milenial menuju SDM Unggul Indonesia Maju," ujar Iwan Martono.

Pelaksanaan Lomba pada hari pertama pada 13 Maret digelar lomba Tausiyah dan Tahfiz, selanjutnya pada 14 Maret akan dilaksanakan lomba Tilawah.

Untuk pemenang lomba Tausiah dan Tahfiz tingkat RRI Kendari akan diseleksi lagi ditingkat Korwil IV Makassar dengan bertanding dari sejumlah perwakilan RRI di Sulawesi seperti dari RRI Makassar, RRI Palu, RRI Toli-Toli dan RRI Mamuju.

Selanjutnya juara terbaik di tingkat Korwil IV akan bertanding di tingkat Nasional yang akan berlangsung di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada 21 - 26 Maret 2024

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024