Kendari (ANTARA) -

 

Kegiatan  wisata tahunan Festival Wakatobi Wave berhasil masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024  yang di luncurkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara H Belli Tombili di Kendari, Sabtu, mengatakan Festival Wakatobi Wave menjadi pilihan KEN dari lima kegiatan yang kami ajukan. 

"Selain Wakatobi wave pihaknya juga mengusulkan beberapa kegiatan pariwisata unggulan Sultra lainnya yaitu, Festival Tangkeno di Kabaena, Festival Kaghati Kolope di Muna, Festival Kande – kandea dari Buton Tengah, Festival Lulongganda dari Konawe Selatan dan Sultra Tenun Karnaval," katanya.

Pemilihan Wakatobi Wave ini tidak lepas dari ke konsistenan pemerintah daerah melaksanakan kegiatan ini secara rutin dan melibatkan budaya lokal serta partisipasi masyarakat.

"Kegiatan tahunan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2015 yang menampilkan tarian budaya Wakatobi yang ditampilkan secara kolosal, disertai pameran produk UMKM masyarakat setempat," ujarnya.

Festival Wakatobi Wave merupakan salah satu kegiatan  wisata dari 110 kegiatan unggulan dan top yang masuk dalam KEN.

Kegiatan Wakatobi Wave tahun 2024 akan dilaksanakan pada Oktober melibatkan sedikitnya 1.000 penari yang menampilkan sejumlah tarian asli masyarakat Wakatobi (Wangi-wangi, Kalidupa, Tomia dan Binongko).

Dia juga menambahkan bahwa melalui kegiatan wisata di Sultra,  ditargetkan kunjungan wisata di Bumi Anoa ini meningkat dibanding tahun 2023.

“Tahun ini target yang diberikan kepada Sultra meningkat hampir tiga kali lipat dari tahun 2023 yakni mencapai 16,8 juta pergerakan wisatawan, Ayo wisata ke Sultra,” tambahnya.


Pewarta : Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024