Kendari (ANTARA) - OSIS Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, melaksanakan I-Smart Competition 2024 yang diikuti oleh 12 SMP/MTS sederajat di provinsi itu. 

Ketua Panitia I-Smart Competition 2024 Arif Talayansah di Kendari, Selasa, mengatakan 12 sekolah yang berpartisipasi ini berasal dari sejumlah daerah, seperti Kabupaten Muna, Kabupaten Konawe, serta beberapa sekolah lain berasal dari Kota Kendari.

“Kegiatan ini akan berlangsung selama empat hari mulai hari ini Selasa (5/3/2024) hingga Sabtu (9/3),” katanya.

Arif menambahkan I-Smart Competition tahun ini mengangkat tema "The Depths Ocean Of Knowledge" dengan 13 cabang lomba yang dibagi dalam tiga bidang yakni, Olimpiade Sains, Bahasa dan Sastra, serta Jurnalistik.

“Jadi cabang lombanya itu terdiri dari Olimpiade Sains IPA, IPS, dan Matematika, Lomba Cepat Tepat IPA IPS, rangking 1 serta beberapa lomba lainnya,” kata Arif. 

Sementara itu Kepala Sekolah MAN IC Kendari Ahmad Naim menyampaikan I-Smart Competition 2024 ini merupakan kegiatan tahunan yang telah dimulai sejak 2019.

Kegiatan ini sebagai wadah sekolah, terkhusus para OSIS, untuk turut mengembangkan potensi diri dalam manajemen kegiatan dengan skala cukup besar.

"Ini lomba dengan cakupan se-Sultra ya, saya pikir dengan begini siswa kami, terutama penyelenggara dalam hal ini OSIS, bisa terus belajar dalam membuat sebuah kegiatan,” katanya.

Pihaknya selalu mendorong kegiatan ini agar cakupan bisa terus membesar setiap tahunnya dalam artian keterlibatan peserta maupun jangkauan sekolah madrasah yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

"Harapannya kegiatan ini bisa menghasilkan output yang baik, dan melahirkan siswa-siswi yang cerdas," tuturnya.

Pewarta : Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024