KENDARI (ANTARA) - Tim Penyelamat Pos SAR Kolaka, Basarnas Kendari, melakukan operasi pencarian terhadap seorang nelayan yang dilaporkan hilang di sekitar perairan Desa Wawo Tamboli, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Basarnas Kendari Muhammad Arafah di Kendari, Jumat, mengatakan bahwa nelayan tersebut bernama Munsir (35), yang merupakan warga Desa Wawo Tamboli. Dia dilaporkan hilang oleh keluarganya pada pukul 13.30 WITA.

"Kami menerima informasi dari keluarga korban, yang melaporkan bahwa satu orang nelayan hilang saat mencari ikan di sekitar Perairan Desa Wawo Tamboli," kata Muhammad Arafah.

Dia menyebutkan bahwa berdasarkan laporan tersebut, pihaknya kemudian memberangkatkan Tim Penyelamat Pos SAR Kolaka menuju lokasi yang disebutkan untuk memberikan bantuan SAR terhadap korban, pada pukul 13.55 WITA.

"Adapun jarak tempuh lokasi itu dari Pos SAR Kolaka sekitar 46 kilometer," ujarnya.

Muhammad Arafah menyampaikan dalam operasi pencarian korban itu, Beberapa alat yang digunakan, yakni mobil penyelamat, perahu karet, aquaeye, peralatan selam, palsar medis, palsar evakuasi, peralatan komunikasi, dan Beberapa peralatan pendukung keselamatan lainnya.

"Adapun cuaca, umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan hingga sedang, dengan tinggi gelombang 0,5-1,25 knot," kata Muhammad Arafah.

Hilangnya korban berawal saat korban pergi memancing menggunakan perahu tanpa mesin sekitar 350 meter dari bibir Pantai Desa Wawo Tamboli, pada Kamis (28/2) sekitar pukul 14.00 WITA, dengan kebiasaan korban Kembali dari memancing itu pada pukul 18.00 WITA.

"Pihak keluarga korban dan nelayan sekitar sudah berusaha melakukan pencarian terhadap korban, akan tetapi hingga saat ini korban belum ditemukan," ujar Muhammad Arafah.

Hingga saat ini, Tim Penyelamat Pos SAR Kolaka masih terus melakukan pencarian terhadap nelayan yang hilang di Perairan Kabupaten Kolaka.*

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024