Kendari (ANTARA) - Warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas III Kendari, Sulawesi Tenggara mendapatkan program pembinaan keterampilan agar kelak mereka memiliki keahlian setelah keluar dari lapas.

Kepala Lapas Perempuan Kelas III Kendari, Andi Wirdani Irawati, di Kendari, Kamis menuturkan, program pembinaan yang diberikan kepada 110 warga binaan itu yaitu terkait kepribadian, kemandirian dan keterampilan.

Pembinaan kepribadian mencakup tentang pembentukan warga binaan agar menjadi manusia seutuhnya dan cenderung pada kegiatan keagamaan. Sementara untuk pembinaan kemandirian dan kegiatan keterampilan berdasarkan bakat dan minat warga binaan itu sendiri.

Wirdani mengatakan, pembinaan kemandirian dan keterampilan yang diberikan antara lain tentang tata rias, salon, tata boga, kerajinan tangan dan perkebunan.

Selain itu, untuk mendorong kreativitas warga binaan pihaknya bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan sejumlah pihak swasta. Lapas Perempuan Kelas III Kendari juga selalu menggelar pameran yang menampilkan hasil karya dari warga binaan.

"Hasil penjualan dari karya mereka itu diputar kembali untuk pembinaan dan napinya mendapatkan bagian sekitar 25 persen," ujarnya.

Pihaknya berharap dengan adanya pembinaan ini dapat membuka lapangan kerja dan mereka terus mengembangkan keterampilan yang telah didapatkan.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024