KENDARI (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut) Sukanto Toding mengajak seluruh masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam merancang penyusunan rencana pembangunan jangka panjang (RPJP) Kabupaten Kolut, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), periode 2025-2045.

Sukanto Toding di Kolut, Kamis, mengatakan bahwa forum konsultasi publik sangat penting sebagai dokumen arah pembangunan daerah, yang akan menjadi acuan utama dalam menyusun RPJP itu.

Ia menyampaikan bahwa partisipasi dan masukan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat, organisasi, serta stakeholder sangat berharga dalam merumuskan rencana pembangunan yang lebih baik, maju, dan berkelanjutan.

“Forum ini merupakan implementasi prinsip pemerintahan yang terbuka dan partisipatif, di mana aspirasi masyarakat menjadi pijakan utama dalam merumuskan kebijakan,” ujarnya saat membuka forum konsultasi publik di Kabupaten Kolut.

Dia juga memberikan apresiasi atas partisipasi seluruh pihak dalam proses penyusunan program strategis daerah, termasuk penyusunan RPJP Kabupaten Kolut yang memiliki jangka waktu hingga 20 tahun ke depan.

“Forum ini merupakan kesempatan untuk berdialog, berbagi gagasan, dan merumuskan langkah-langkah strategis dengan partisipasi aktif dan konstruktif dari masyarakat. Hal ini diharapkan dapat menciptakan rencana pembangunan jangka panjang yang lebih responsif dan inklusif,” ujar Sukanto Toding.

Dia menjelaskan pihaknya optimistis melalui kerja sama semua pihak, Kabupaten Kolut dapat merancang pembangunan yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat, serta dapat menjadikan daerah Bumi Patowonua menjadi mandiri, maju, dan berkelanjutan pada tahun 2025 mendatang.

“Partisipasi dan masukan dari berbagai pihak, termasuk masyarakat, organisasi, dan stakeholder sangat berharga untuk merumuskan rencana pembangunan kita yang lebih baik, maju, dan berkelanjutan," kata Sukanto Toding.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024