Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Baubau, Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), menerjunkan sebanyak 181 personel dalam rangka pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Umum 2024.

Kapolres Baubau AKBP Bungin Masokan Misalayuk, Senin, mengatakan, apel pengecekan perlengkapan personel pengamanan TPS Pemilu 2024 tersebut bertujuan untuk mengetahui perlengkapan dan peralatan yang harus dibawa saat melaksanakan pengamanan TPS dan melakukan pengecekan kesiapan personel pengamanan TPS, serta melakukan pengecekan kelengkapan peralatan perorangan dan pembagian Buku Saku sistem pengamanan di TPS.

Data Polres Baubau menyebut jumlah TPS di daerah itu sebanyak 525 unit yang terdiri dari kategori kurang rawan 501 TPS, rawan 14 TPS, dan sangat rawan sebanyak 7 TPS. Sedangkan jumlah personel pengamanannya, yakni kategori sangat rawan 14 pers, rawan 14 pers, dan kurang rawan sebanyak 153 personel.

Kesiapan pengamanan ditandai dengan pelaksanaan apel pengecekan perlengkapan personel pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang digelar di lapangan apel Polres Baubau.

"Kesiapan dan kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 merupakan tanggung jawab kita bersama. Oleh karena itu, melalui apel ini kita akan memastikan bahwa setiap tahapan pengamanan TPS sudah disiapkan dengan baik dan sesuai standar operasional yang ditetapkan," ujar Kapolres..

Kapolres Baubau berharap, dengan adanya apel pengecekan ini, tingkat kesiapan dan kelancaran pengamanan TPS pada saat pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 dapat terlaksana dengan baik.

Kapolres Baubau juga mengimbau kepada seluruh anggota kepolisian untuk menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi dan profesionalisme demi terciptanya Pemilu yang aman, damai, dan kondusif.

Dalam rangkaian apel pengecekan tersebut dilakukan juga pengecekan terhadap jumlah personel yang akan ditempatkan di setiap TPS.

Termasuk juga dilakukan pengecekan kesiapan peralatan pengamanan seperti ransel punggung, peralatan pribadi anggota, bekal kesehatan obat-obatan, buku saku, roling bed, senter, HT, tongkat, jas hujan, borgol dan peralatan lainnya.

Dalam apel pengecekan perlengkapan personel pengamanan TPS pemilu 2024 tersebut, dihadiri oleh seluruh anggota yang terlibat dalam pengamanan TPS pemilu 2024, para PJU, para Kabag, para Kasat dan para Kapolsek jajaran Polres Baubau.

Pewarta : Abdul Azis Senong/Yusran
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024